[UPDATE] Pasien Positif Corona Nomor 37 di Sumsel Meninggal Dunia

Pasien dikubur di area khusus Gandus sesuai protap

Palembang, IDN Times - Berita duka menyelimuti Sumatera Selatan. Pasien ke-37 yang baru dipastikan positif COVID-19, dikabarkan meninggal dunia, Kamis petang (16/4). Pasien yang sudah meninggal di Sumsel karena corona pun berjumlah tiga orang.

Pasien ke-37 diketahui berusia 77 tahun, dan mengidap penyakit penyerta lainnya. Kondisi COVID-19 tersebut diduga memperparah kondisi kesehatannya.

"Sejak berapa bulan terakhir yang bersangkutan mengalami sakit," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Corona (COVID-19) Sumsel, Profesor Yuwono, Kamis (16/4).

Baca Juga: 11 Polisi Asal Sumsel Positif COVID-19, Pulang Pendidikan di Sukabumi

1. Pasien ke-37 meninggal sore tadi

[UPDATE] Pasien Positif Corona Nomor 37 di Sumsel Meninggal DuniaLahan pemakaman jenazah COVID-19 klaster unit Kristen hanya berjarak lima meter dari jalanan kendaraan ambulans berhenti. (IDN Times/Candra Irawan)

Pasien ke-37 tersebut meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesain Palembang, sekitar pukul 16.00 WIB. Dari informasi yang dihimpun, Yuwono menjelaskan, penanganan pemakaman akan diurus oleh pihak RS sesuai standar protokol yang berlaku bagi pasien COVID-19.

"Pemakaman sesuai standar yang ada, dalam penanganan kasus infeksi. " jelas dia.

Baca Juga: [UPDATE] Tambah 15 Orang, Gugus Tugas Sumsel Selidiki Riwayat 3 Pasien

2. Pasien juga dikuburkan di pemakaman khusus

[UPDATE] Pasien Positif Corona Nomor 37 di Sumsel Meninggal DuniaIlustrasi Pemakaman untuk jenazah terpapar COVID-19 di TPU Cikadut, Bandung. Dok. IDN Times

Yuwono juga mengatakan, bila pasien nomor 37 langsung dimakamkan di pemakaman khusus bagi pasien COVID-19, di Kecamatan Gandus Kota Palembang.

"Sekitar pukul 21.30 WIB tadi, langsung dikuburkan di Gandus," jelas dia.

3. Dugaan awal pasien terpapar transmisi lokal

[UPDATE] Pasien Positif Corona Nomor 37 di Sumsel Meninggal DuniaKepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan (Sumsel) Yusri (IDN Times/Dokumen)

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumsel lainnya, juga membenarkan jika pasien tersebut merupakan pensiunan petugas medis. Dirinya warga yang berdomisili di Kota Palembang. Ada kemungkinan pasien terpapar transmisi lokal.

"Sejauh ini kasusnya bukan impor, diduga lokal. Namun kita belum mengambil kesimpulan karena masih mengumpulkan informasi," ujar Yusri.

Baca Juga: Siswa Sekolah Kesetaraan di Palembang Kesulitan Belajar Daring

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya