Tugu Soekarno di Banyuasin Disorot, Pipi Tembam dan Tak Proporsional

Dinas PU siap bongkar patung jika melenceng dari gambar

Banyuasin, IDN Times - Belum rampung pembangunan Tugu Soekarno di kawasan Bung Karno Sport Center, Jalan Lintas Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel), masyarakat sudah menyoroti bentuk Sang Proklamator.

Bentuk patung tersebut tak sesuai dengan patung-patung Soekarno yang sudah ada. Pada bagian wajah terlihat lebih tembam. Selain itu, postur tubuh juga sedikit lebih berisi. Padahal dari patung-patung yang sudah ada postur tubuh Presiden RI pertama itu proporsional dan berwibawa. 

Banyak warga yang menilai jika patung Bung Karno secara keseluruhan tidak ada kemiripan sama sekali dengan ayah Megawati Soekarnoputri tersebut.

Baca Juga: Resmikan Patung, Megawati Ceritakan Soekarno Kenalkan Geopolitik

1. Pembangunan tugu belum rampung 100 persen

Tugu Soekarno di Banyuasin Disorot, Pipi Tembam dan Tak Proporsional(Pembangunan tugu Soekarno di Banyuasin) IDN Times/istimewa

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Banyuasin, Ardi Arpani mengungkapkan, pembangunan patung Bung Karno itu belum selesai 100 persen.

"Tadi kami sudah mengecek langsung ke lokasi, kata pekerjanya belum selesai, jadi belum terlihat," ujarnya, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga: Patung Ganesha Gunung Bromo Akhirnya Diganti Patung Baru

2. Dinas PU janji bongkar tugu jika tak sesuai

Tugu Soekarno di Banyuasin Disorot, Pipi Tembam dan Tak Proporsional.pinterpolitik.com

Disinggung mengenai patung Bung Karno yang dianggap tak sesuai, menurut Ardi pihaknya terus memeriksa agar wujud tugu tersebut tidak melenceng dari gambar.

"Nanti dilihat saja apakah sesuai dengan gambar atau tidak. Kalau tidak sesuai, pasti kami minta bongkar dan dibuat baru," jelas Ardi.

3. Pembangunan tugu menelan dana Rp500 juta

Tugu Soekarno di Banyuasin Disorot, Pipi Tembam dan Tak Proporsionalanggaran

Ketika ditanya mengenai pekerja yang membuat Tugu Bung Karno, Ardi menjelaskan jika mereka merupakan pegawai yang dipekerjakan oleh kontraktor.

"Tidak tahu dari mana pekerjanya. Semua dari pihak kontraktor, kami hanya melakukan pengawasan sesuai atau tidak nantinya," bebernya

Sebagai informasi, pembangunan tugu Soekarno di kawasan Bung Karno Sport Center menelan anggaran sebesar Rp500 juta. Tugu Soekarno ditarget selesai pada Desember 2023. 

Baca Juga: Biografi dan Profil Soekarno yang Dijuluki Singa Podium Indonesia

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya