Golkar Sumsel Sepakat Keputusan Koalisi Usung Prabowo Capres 

Seluruh kader Golkar Sumsel diklaim patuh putusan DPP

Palembang, IDN Times - Bergabungnya Partai Golongan Karya (Golkar) ke Koalisi Gerindra-PKB-PAN mendapat sambutan hangat dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Sumsel. Langkah politik tersebut dinilai penting sebagai upaya Golkar menentukan sikap pada Pilpres 2024 mendatang.

"Apapun yang sudah diputuskan oleh DPP Golkar, kita seluruh kader akan mendukung langkah itu," ungkap Ketua Harian DPD Golkar Sumsel, RA Anita Noeringhati, Senin (14/8/2023).

Baca Juga: Survei Menyebut Prabowo Subianto Favorit di Ranah Minang 

1. Tak ada alasan menolak putusan DPP

Golkar Sumsel Sepakat Keputusan Koalisi Usung Prabowo Capres Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati (IDN Times/Sidratul Muntaha)

Anita menerangkan, langkah politik strategis di tingkat pusat dan daerah dinilai sudah memiliki kesamaan visi dan misi. Keputusan itu bisa memuluskan langkah Partai Golkar untuk menyatukan kader memenangkan calon yang diusung.

"Jadi saat ini tidak ada alasan untuk tidak mendukung keputusan tersebut," jelas dia.

Baca Juga: Partai Gelora Segera Deklarasi Dukungan Prabowo Capres 2024

2. Keputusan DPP akan ditindaklanjuti ke daerah

Golkar Sumsel Sepakat Keputusan Koalisi Usung Prabowo Capres Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar bersama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto hadir di acara salawatan(dok. PKB)

Anita menilai keputusan yang diambil DPP Golkar merupakan bagian dari masukan setiap DPD. Keputusan ini dipilih dari beragam aspek dan penilaian yang matang, terlebih DPP Golkar menganggap koalisi bersama Gerindra mengusung Prabowo dinilai pas.

Keputusan itu juga akan ditindaklanjuti di tingkat daerah dengan menggelar pertemuan dengan Partai Gerindra, Partai PAN, dan Partai PKB.

"Untuk bicara soal kebijakan tentu ini sudah jadi pembahasan para pemimpin di DPP," ujar dia.

3. Golkar punya kesamaan visi-misi dengan Prabowo

Golkar Sumsel Sepakat Keputusan Koalisi Usung Prabowo Capres merdeka

Sebelumnya, deklarasi bergabungnya Golkar dan PAN digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta, Minggu (13/8/2023). Ketua umum masing-masing partai bertemu dan berbicara mengenai deklarasi ini.

Ketua DPP Golkar, Airlangga Hartanto, menyebut kedekatan antara Golkar dan Prabowo Subianto telah terjalin lama. Mantan Jenderal bintang 3 TNI tersebut lahir dari rahim Golkar.

Baca Juga: Projo Sumsel Tunggu Komando Jokowi, Ganjar atau Prabowo di 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya