DPW PPP Sumsel Usulkan Muhammad Mardiono Sebagai Cawapres

Meski sebatas usulan, PPP Sumsel juga persiapkan Pileg

Palembang, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Sumatra Selatan (DPW PPP Sumsel) mengusulkan kader partainya menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada konstelasi pemilu mendatang. Nama Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono, didorong maju karena dianggap paling kompeten.

"Dari segi kapasitas, tentu kami paham beliau sangat mampu untuk itu, dan kami pun sebagai kader partai berharap beliau bisa maju di Capres dan Cawapres," ungkap Ketua DPW PPP Sumsel, Agus Sutikno, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Datang ke Palembang, Anies Baswedan Sapa Para Relawan 

1. Serahkan keputusan kepada koalisi KIB

DPW PPP Sumsel Usulkan Muhammad Mardiono Sebagai CawapresKetua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Ketua DPD Partai Golkar DKI Ahmad Zaki, dan Ketua DPW PPP DKI Farhan Hasan saat pertemuan pertama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tingkat provinsi DKI Jakarta di Kantor Komando PAN, Cipinang, Jatinegara, Senin, (30/5/2022). (IDN Times/ Melani Putri)

Agus menjelaskan, keinginan DPW masih bersifat masukan. Sebab partai berlambang Ka'bah tersebut merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PAN, sehingga keputusan harus berasal dari kesepakatan bersama.

"Bicara Capres dan Cawapres adalah soal aturan, bahwa yang mengusung Capres dan Cawapres itu sebagai partai politik atau gabungan partai politik," jelas dia.

Baca Juga: Demokrat Sumsel Buka Pendaftaran Caleg, Berikut Syaratnya

2. Persiapkan langkah pemenangan pileg

DPW PPP Sumsel Usulkan Muhammad Mardiono Sebagai CawapresKetum PAN Zulikfi Hasan (kiri), Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa, datang bersamaan ke KPU untuk mendaftar parpol peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Agus juga menjelaskan, penentuan Capres dan Cawapres akan dibahas dalam forum internal PPP. Selain menyiapkan langkah menuju Pilpres, pihaknya juga akan menyiapkan diri untuk Pileg yang akan menentukan kondisi partai, mulai dari kesiapan dan target kursi di DPR RI.

"Tugas kita sekarang bagaimana tahapan pemilu 2024 segera dilengkapi, segera kita konsolidasikan sehingga secara simultan Pileg kita siap. Untuk pilpres kita akan mengikuti bagaimana keputusan partai atau Dewan Pimpinan Pusat (DPP)," jelas dia.

3. Pileg jadi cermin PPP di pemilu selanjutnya

DPW PPP Sumsel Usulkan Muhammad Mardiono Sebagai CawapresIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Agus mengakui proses pileg mendatang menentukan bagaimana langkah partai ke depan. Untuk menjadi partai yang bisa berdiri sendiri dan mengusung Capres, PPP berharap bisa meraih banyak kursi.

"Sambil kita berjuang lima tahun ke depan atau pemilu nanti kursi kita menjadi lebih besar, sehingga kita mampu tampil di Capres walaupun harus berkoalisi. Sebab aturannya yang mencalonkan Capres dan Cawapres itu adalah parpol atau gabungan parpol," tutup dia.

Baca Juga: PAN Sumsel Usulkan 3 Nama Capres: Zulhas, Anies, dan Erick Tohir 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya