Demokrat Sumsel Buka Pendaftaran Caleg, Berikut Syaratnya

Partai Demokrat Sumsel target kembalikan kejayaan 2009 silam

Palembang, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatra Selatan (Sumsel) membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Pendaftar untuk menghadapi pemilihan umum 2024 mendatang, terbuka bagi masyarakat umum di luar kader partai untuk menjadi anggota DPRD periode 2024-2029.

"Anggota Fraksi Partai Demokrat di Sumsel, kader partai, maupun non kader. Kalau dia memang memiliki kemampuan untuk mencalonkan diri, silakan melakukan pendaftaran," ungkap Ketua DPD Demokrat Sumsel, Cik Ujang, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: AHY Pecat 13 Kader Demokrat Sumsel, Rerata Caleg Gagal 

1. Terbuka bagi pengusaha yang ingin mendaftar

Demokrat Sumsel Buka Pendaftaran Caleg, Berikut SyaratnyaIlustrasi logo Partai Demokrat (Dok. Partai Demokrat)

Cik Ujang menjelaskan, pendaftaran bacaleg Partai Demokrat akan berlangsung selama tiga bulan ke depan. Menurutnya pembukaan pendaftaran untuk menuju perbaikan dan perubahan.

Mereka yang bukan kader Partai Demokrat namun memiliki visi dan misi yang sama untuk membesarkan partai, dianggap memiliki hak yang sama.

"Selama hak pilihnya tidak dicabut dan sesuai aturan KPU, serta tegak lurus dengan Ketum AHY atau partai, hingga mau membesarkan Partai Demokrat ke depan. Kalau dia dari birokrasi dan pengusaha ini sangat tepat sekali, karena kita terbuka," jelas dia.

Baca Juga: 2 Petinggi Demokrat Sumsel di Kisruh Internal Partai

2. Partai Demokrat Sumsel targetkan kemenangan seperti 2009

Demokrat Sumsel Buka Pendaftaran Caleg, Berikut SyaratnyaKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono hadir secara virtual pada musyawarah cabang serentak DPC Demokrat se-Sulawesi Tengah, Jumat (4/2/2022). (Dok. Istimewa)

Menurut Cik Ujang, Partai Demokrat Sumsel ingin merebut kembali kejayaan yang pernah tercatat pada 2019 silam, ketika Demokrat menjadi partai yang memperoleh 13 kursi di DPRD Sumsel. Namun sejak Pilkada 2014 lalu, Partai Demokrat kehilangan dua dapil yakni Dapil IX Muba serta Dapil V OKU dan OKU Selatan.

"Termasuk di Dapil Palembang dan OI-OKI. Kta akan tambah kursi, kita akan rebut kembali," jelas dia.

3. Strategi Partai Demokrat memperkuat dapil

Demokrat Sumsel Buka Pendaftaran Caleg, Berikut SyaratnyaKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat menyampaikan pidato kebangsaan di HUT Demokrat ke-21, di JCC, Jumat (16/9/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat Sumsel, Kiki Subagio mengatakan, target partai menguasai pimpinan DPRD di tingkat kabupaten maupun kota, serta mengirim wakilnya ke DPR RI dengan target tiga sampai empat kursi.

"Saran Ketua Bapilu pusat termasuk di DPC. Jika ingin melompat, nanti kita mintakan rekomendasi DPP, di mana ada garansi Dapil yang ditinggalkan nantinya tetap meraih kursi di dapil itu agar tidak memperlemah kekuatan yang ada," jelas dia.

Baca Juga: Bupati Lahat Cik Ujang Jabat Ketua DPD Demokrat Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya