Comscore Tracker

75 Ribu Siswa Dapat Kuota Murah, Gubernur Sumsel: Jangan untuk Pacaran

Guru juga bisa nikmati kuota murah

Palembang, IDN Times - Selama masa pandemik COVID-19 penggunaan gadget meningkat drastis, terutama di kalangan pelajar. Kondisi itu menyebabkan orangtua siswa terbeban akibat harus menyediakan kuota internet.

Gubernur Sumsel mengapresiasi Telkomsel yang menjanjikan akan memberikan kuota Internet sebesar 10 GB bagi 75.000 pelajar di Sumsel dari seluruh jenjang pendidikan, SD, SMP, dan SMA.

"Kita apresiasi langkah membantu anak Sumsel untuk tetap belajar di tengah pandemik. Untuk tahap pertama ini ada 75 ribu yang di data menerima bantuan kuota internet. Saya harap kuota ini digunakan dengan sebaik-baiknya, jangan digunakan untuk pacaran," ungkap Deru usai penyerahan secara simbolik bantuan kuota Internet, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: Kisah Akhmad Najib Rasakan Kepemimpinan 6 Gubernur Sumsel 

1. Sumsel jadi provinsi pertama di luar Jawa yang mendapatkan bantuan

75 Ribu Siswa Dapat Kuota Murah, Gubernur Sumsel: Jangan untuk PacaranPenerima bantuan kuota Internet (IDN Times/Rangga Erfizal)

Deru menilai bantuan ini akan meringankan beban orangtua di rumah. Apa lagi tidak seluruh keluarga memiliki gadget untuk belajar online. Kalaupun ada, untuk memenuhi kebutuhan kuota, banyak yang memilih untuk makan sehari-hari.

"Sumsel jadi provinsi pertama di luar Jawa yang mendapat bantuan ini. Bantuan kuota ini menjadi persoalan besar bagi keluarga yang tidak mampu," jelas Deru.

2. Pihak sekolah harus mendata nama anak yang mendapat bantuan agar tepat sasaran

75 Ribu Siswa Dapat Kuota Murah, Gubernur Sumsel: Jangan untuk PacaranPemberian bantuan kuota internet (IDN Times/Rangga Erfizal)

Agar kuota internet dapat tepat sasaran, Herman Deru meminta kepada pihak sekolah mendata, siapa saja yang berhak mendapat kuota internet tersebut. Sebab dari 22 juta penerima bantuan secara nasional, Sumsel mendapat 75 ribu bantuan.

"Pihak sekolah bisa mendata siapa saja anak-anak yang berhak menerima," jelas dia.

Persoalan lain selain bantuan ini menurut Deru masih ada wilayah Sumsel yang belum mendapatkan sinyal yang baik. Pemerintah daerah di kabupaten/kota harus bisa memaksimalkan infrastruktur jaringan.

"Provider harus menjamin tidak ada wilayah blank spot, pemerintah daerah memastikan infrastruktur tersedia," jelas dia.

3. Kuota internet bisa dimaksimalkan juga oleh guru

75 Ribu Siswa Dapat Kuota Murah, Gubernur Sumsel: Jangan untuk PacaranExecutive Vice President West Area Telkomsel, Gilang Prasetya (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara itu, Executive Vice President West Area Telkomsel, Gilang Prasetya menyebut, pihaknya akan mendistribusikan kuota belajar gratis tersebut secara bertahap. Sedangkan pendistribusian akan berkoordinasi dengan pihak sekolah.

“Di Sumsel, tahap pertama kita akan bagikan untuk 75.000 pelajar. Itu baik SD, SMP, dan SMA. Setelah itu, mereka bisa membeli kuota belajar 10GB yang di banderol dengan harga Rp10," jelas dia.

Kuota internet 10 GB Rp10 ini tidak hanya bisa diakses murid, melainkan dapat diakses juga oleh guru. "Kuota belajar murah ini bentuk dukungan kita untuk belajar di rumah secara online," kata Gilang.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya