3 Parpol di Sumsel Usul Dirikan Sekber Demi Memenangkan Anies Baswedan

Tunggu arahan pusat untuk merapatkan barisan koalisi

Palembang, IDN Times - Koalisi tiga partai politik yakni Nasdem, PKS dan Partai Demokrat, sepakat untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, sebagai bakal Calon Presiden (Capres) 2024 mendatang. Kesiapan memenangkan Anies menjadi tanggung jawab seluruh kader, termasuk di Sumatra Selatan (Sumsel).

Sekertaris DPD Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki menilai, keseriusan tersebut harus dibarengi dengan langkah koalisi membentuk Seketariat Bersama (Sekber) di daerah.

"Kita di daerah menunggu hal itu. Rencana apa yang sudah disebutkan dalam sekretariat bersama dan harapannya, terbentuk hingga tingkat daerah," ungkap Muchendi, Kamis (2/2/2023).

Baca Juga: PDIP Sumsel Pilih Fokus Menangkan Partai di Pileg dan Pilpres 2024

1. Harus kompak hingga ke daerah

3 Parpol di Sumsel Usul Dirikan Sekber Demi Memenangkan Anies BaswedanIDN Times/Sidratul Muntaha

Muchendi menjelaskan, Sekber bersama akan memudahkan ketiga partai politik (parpol) merumuskan strategi memenangkan Anies. Selain itu, komuniksasi ketiga parpol akan semakin intens.

"Ini bisa memudahkan komunikasi antara kita, sehingga dapat mempersiapkan pemenangan dalam Pemilihan Presiden yang akan datang," jelas dia.

Menurutnya, kekompakan ketiga parpol harus dibangun dari Sekber baik pusat dan daerah terlebih dahulu. Dirinya yakin komunikasi yang baik akan menjadi cerminan masyarakat mendukung bakal calon yang ditentukan.

"Kita di daerah menerima apapun yang dituangkan dari pusat," jelas dia.

Baca Juga: Datang ke Palembang, Anies Baswedan Sapa Para Relawan 

2. Tujuan bersama Anies sebagai Presiden

3 Parpol di Sumsel Usul Dirikan Sekber Demi Memenangkan Anies BaswedanMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Hal senada disampaikan Humas Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sumsel, Mgs Syaiful Padli. Ia menyatakan setuju dengan usulan tersebut demi ketiga parpol mudah berkomunikasi di semua lini.

"Ujung-ujungnya adalah kita akan memenangkan Presiden yang diusung, yakni Anies For Presiden," jelas dia.

Dengan terjalinnya komunikasi antar parpol, pihaknya yakin apa yang dicita-citakan tercapai. Syaiful menunggu arahan teknis pembentukan Sekber menyusul keputusan 24 Febuari mendatang.

"Kita akan melaksanakan deklarasi pada saat rapat kerja nasional PKS. Untuk bawahnya setelah deklarasi secara garis besar, baru kita akan melakukan komunikasi dengan partai lainnya," ungkap dia.

3. Nasdem Sumsel tunggu petunjuk DPP

3 Parpol di Sumsel Usul Dirikan Sekber Demi Memenangkan Anies BaswedanKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Sekertaris DPW Nasdem Sumsel, Syamsul Bahri menuturkan, masih menunggu keputusan DPP setelah Demokrat dan PKS bergabung mengusung Anies. Dirinya meyakini koalisi perubahan yang dibentuk ketiga parpol dapat bekerja sama mewujudkan kemenangan.

"Terkait usulan Partai Demokrat, secepat mungkin bentuk Sekber. Kita tunggu petunjuk DPP," tutup dia.

Baca Juga: DPW PPP Sumsel Usulkan Muhammad Mardiono Sebagai Cawapres

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya