The New Jakabaring Sport City, Seperti Apa Transformasinya?

JSC akan punya river zoo pertama di Indonesia

Palembang, IDN Times - Sebentar lagi kawasan kompleks di kawasan Jakabaring, akan bertransformasi menjadi The New Jakabaring Sport City. Hal ini berbarengan pada awal Juli nanti, PT Jakabaring Sport City (JSC) akan melakukan MoU dengan PT Anajiko Coorporate.

Apa benar, kerjasama tersebut untuk mengembangkan wisata olahraga keluarga atau Sport Tourism?

Baca Juga: Kerennya Jakabaring Sport City, Terapkan Konsep Hijau Nih

1. Klaim bangun wahana yang hanya satu di Indonesia

The New Jakabaring Sport City, Seperti Apa Transformasinya?Jakabaring Sport City

Direktur utama PT JSC, Meina Fatriani mengatakan, nantinya kompleks olahrga ini akan ada wahana pertama di Indonesia dan bakal jadi wahana satu-satunya.

"Membangun wahana salah satunya river zoo. Jadi akan dibuat seperti kebun binatang dimana bisa melihat binatang khas Sumatera yang langka menggunakan perahu," kata Meina.

"Untuk beragam hewannya, kita akan kerjasama dengan konservasi terkait menentukan hewan yang sehat dan baik. Misalnya, mungkin ada Harimau Sumatera," sambungnya.

"Sepertinya yang pertama di Indonesia, mudah-mudahan benar terlaksana dengan lancar," kata Meina lagi.

2. Berpotensi jadi destinasi besar di Sumsel

The New Jakabaring Sport City, Seperti Apa Transformasinya?IDN Times/Feny Maulia Agustin

Meina melanjutkan, bahwa potensi The New Jakabaring Sport city ini sangat menarik dan berpeluang besar untuk Sumsel sendiri.

"Potensinya sangat besar bagi masyarakat sendiri, kemudian wisatawan dari luar juga. Jadi istilahnya, semua daerah Sumsel bisa mencakup JSC jadi tempat destinasi," ujarnya.

3. Rebranding lebih diutamakan wahana anak-anak

The New Jakabaring Sport City, Seperti Apa Transformasinya?IDN Times/Feny Maulia Agustin

The New Jakabaring Sport City ini akan menjadi sarana edukasi bagi sekolah, dan program rebranding ini memang mengutamakan wahana untuk anak-anak.

"Nanti anak-anak bisa berkeliling di lingkungan tersebut, sambil belajar edukasi untuk sekolah mengenai pengenalan fauna dan flora," jelas Meina.

"Kemudian anak-anak ini bisa ada interaksi dengan adanya binatang. Misalnya akan ada rusa, mereka (anak-anak) bisa kasih makan ke rusa," sambungnya.

Baca Juga: Tanpa Subsidi Pemerintah, PT Jakabaring Sport City Ambil Langkah Ini

4. Tiga poin penting menjadikan The New Jakabaring Sport City

The New Jakabaring Sport City, Seperti Apa Transformasinya?IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sumsel, Basyaruddin Akhmad mengatakan, Mou dengan PT Anajiko Coorporate ini membahas terkait hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan PT JSC.

"Kalo gak salah akan dibuat 12 wahana, untuk menarik wisatawan luar maupun lokal. Antara lain wahana ninja warior, paintball. Jadi ada tiga poin penting, yakni rebranding, rebuild dan merevitalisasi bentuk landscape mengubah tampilan jadi The New Jakabaring Sport City," katanya.

"Setelah MoU dengan Anajiko targetnya berjalan selama tiga tahun dalam hal pembangunan konstruksi, baru mulai diperhitungkan saat resmi MoU bulan Juli ini," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya