Sriwijaya FC Tak Ada Home Base, Gubernur Sumsel Diminta Tanggung Jawab

Fans membandingkan kepala daerah lain yang mendukung klub

Palembang, IDN Times - Sriwijaya FC (SFC) diketahui tak memiliki home base atau markas bermain maupun berlatih. Akibat hal itu, para suporter dan pendukung Laskar Wong Kito kompak meminta pertanggungjawaban Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Mereka menilai Herman Deru sebagai pemimpin daerah tidak peduli dan terkesan menelantarkan klub sepak bola kebanggan Sumatra Selatan (Sumsel). Fans melihat tak ada upaya atau dukungan dari orang nomor satu di Bumi Sriwijaya bagi Sriwijaya FC.

Baca Juga: Sriwijaya FC Kesulitan Cari Lapangan, Uji Coba Beberapa Kali Tertunda

1. Suporter dengar isu Sriwijaya FC akan dijual

Sriwijaya FC Tak Ada Home Base, Gubernur Sumsel Diminta Tanggung JawabLatihan Sriwijaya FC (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketua Kelompok Suporter Sriwijaya FC, Sriwijaya Mania, Edi Ismail mengatakan, lokasi pemusatan latihan bagi tim sangat penting untuk menunjang persiapan maksimal Elang Andalas jelang Liga 2 musim 2023/2024.

"Miris lihat kondisi sekarang, apalagi ada isu yang beredar jika Sriwijaya FC akan dijual karena tidak ada fasilitas latihan," ungkapnya, Senin (7/8/2023).

Baca Juga: Suporter Sriwijaya FC Diminta Tak Datang Saat Uji Coba di Pulau Jawa 

2. Minta Gubernur Sumsel membantu Sriwijaya FC

Sriwijaya FC Tak Ada Home Base, Gubernur Sumsel Diminta Tanggung JawabPemain Sriwijaya FC menandatangani surat kontrak untuk musim 2022 (IDN Times/Instagram Sriwijaya FC)

Padahal kata Edi, Sriwijaya FC merupakan klub besar yang pernah melejit dengan segudang prestasi. Namun tim tersebut seolah tidak dipedulikan oleh pejabat daerah periode Herman Deru.

"Kami dari ketiga kelompok suporter sepakat mendukung Sriwijaya FC. Gubernur harus komitmen (mengurus SFC), bukan hanya yang sekarang namun untuk Gubernur yang akan datang," timpal dia.

3. Bandingkan pemimpin daerah di luar Sumatra

Sriwijaya FC Tak Ada Home Base, Gubernur Sumsel Diminta Tanggung JawabSriwijaya FC Latihan sore di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Mantan Ketua Kelompok Suporter Singa Mania, Dugong melanjutkan, sepak bola saat ini sering dikaitkan dengan politik sehingga banyak klub yang tak dikelola maupun diurus dengan maksimal.

Ia berharap Gubernur Sumsel dapat membantu Sriwijaya FC seperti pemimpin daerah di Pulau Jawa, misalnya Ridwan Kamil yang membantu mengelola Persib Bandung hingga Anies Baswedan yang mendorong keberhasilan Persija Jakarta.

"Hingga Persija memiliki Stadion Jakarta Internasional Stadium. Sriwijaya FC sekarang harus ada andil dari pemerintah. Pak Herman Deru harus aktif memberikan support terhadap olahraga, khususnya Sriwijaya FC, jangan seakan menutup mata," jelas dia.

Baca Juga: Sriwijaya FC Luncurkan Jersey Baru Akhir Agustus, Begini Penampakannya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya