Pelaku Ungkap Motif Pembunuhan Pelajar Tewas dengan Tubuh Terpisah

Ternyata korban dibunuh gegara pergoki pelaku maling ayam

Ogan Komering Ulu Selatan, IDN Times - Motif pembunuhan korban Aldi (16) seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan (OKUS), akhirnya terungkap setelah polisi menangkap tiga pelaku.

Ketiga pelaku itu adalah Farhan Maulana (18), Herdiansyah (19), dan HK (14). Dari hasil pemeriksaan, ketiga pelaku membunuh korban karena salah satu tersangka bernama Herdiansyah dipegoki mencuri ayam milik warga.

"Takut aksinya diketahui warga, mereka merencanakan membunuh korban," ujar Kasat Reskrim Polres OKU Selatan, AKP Acep Yuli Sahara, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Pelajar di OKU Selatan Ditemukan Tewas, Tubuhnya Ditemukan Terpisah

1. Pelaku khawatir korban memberi tahu warga soal maling ayam

Pelaku Ungkap Motif Pembunuhan Pelajar Tewas dengan Tubuh Terpisah(Pelajar SMP di OKU Selatan yang ditemukan tewas dengan tubuh terpotong-potong) IDN Times/Istimewa

Ketiga pelaku membunuh korban pada Rabu (23/11/2022) sekitar pukul 08.00 WIB di Desa Pematang Danau, Kecamatan Sindang Danau, OKU Selatan. Kejadian bermula karena korban memergoki tersangka Herdiansyah mencuri ayam, dan pelaku takut jika nantinya Aldi membocorkan perbuatannya kepada orang lain.

Herdiansyah pun berencana memukuli korban dengan meminta bantuan kepada tersangka Farhan dan HK. Padahal korban merupakan teman dari pelaku.

“Tersangka Farhan lalu menghubungi Herdiansyah lewat pesan Facebook, bahwa korban baru saja pulang dari rumahnya. Kemudian tersangka Herdiansyah dan HK menunggu di persimpangan Desa Muara Sindang," kata Acep.

Baca Juga: Pengakuan Pelaku yang Dorong Tamu Hotel Palembang dari Lantai 5

2. Korban ditusuk dengan senjata tajam hingga kehabisan darah

Pelaku Ungkap Motif Pembunuhan Pelajar Tewas dengan Tubuh TerpisahIlustrasi kasus pembunuhan. (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Ketika melihat korban melintas di lokasi kejadian, Herdiansyah dan HK langsung mencegat Aldi. Korban yang mengendarai sepeda motor dipaksa turun dan dipukuli dengan kayu oleh keduanya.

Bahkan wajah Aldi sempat dibekap kedua pelaku menggunakan jaket, lalu diseret masuk ke kebun kopi milik warga. Korban Aldi dieksekusi tanpa ampun oleh Herdiansyah dan HK.

“Korban ditusuk menggunakan senjata tajam hingga tewas kehabisan darah. Setelah tewas, motor dan handphone korban diambil oleh para pelaku," jelasnya.

3. Tubuh korban dimangsa hewan buas

Pelaku Ungkap Motif Pembunuhan Pelajar Tewas dengan Tubuh TerpisahIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Jenazah Aldi ditutupi dengan kayu dan daun untuk menyembunyikan peristiwa itu. Setelahnya, Herdiansyah dan HK melarikan diri hingga akhirnya tertangkap.

"Motif pembunuhan ini karena pelaku takut membocorkan ke warga kalau pelaku Herdiansyah telah mencuri ayam. Perlu kami tegaskan, saat ditemukan jenazah korban memang terpisah, itu dikarenakan dimakan oleh hewan bukan karena mutilasi,” tegasnya.

4. Korban dinyatakan hilang 11 hari

Pelaku Ungkap Motif Pembunuhan Pelajar Tewas dengan Tubuh TerpisahIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Berita sebelumnya, Aldi merupakan siswa SMP di OKU Selatan. Ia ditemukan tewas membusuk dengan tubuh terpisah setelah dinyatakan hilang selama 11 hari.

Aldi ditemukan pada Minggu (4/12/2022) saat seorang warga sedang berjalan menuju kebun kopi miliknya di Desa Pematang Danau, Kecamatan Sindang Danau, OKU Selatan.

Baca Juga: Tamu Hotel Palembang Tewas Jatuh Didorong dari Lantai 5 Usai Open BO

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya