Palembang Belum Punya Teknologi Pembenihan Ikan di Sekanak Lambidaro

Festival Sekanak Lambidaro hanya tebar bibit ikan patin

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menebar benih ikan lokal asli Sungai Musi saat Festival Sungai Sekanak Lambidaro Palembang, 5-6 Februari 2022. Namun kegiatan itu hanya diisi dengan menebar benih ikan patin dari berbagai jenis ikan lokal.

"Kalau ikan lain seperti gabus, baung, dan toman, kita belum bisa membibitkannya karena belum ada teknologi pembenihan ikan khusus di Sekanak Lambidaro," ujar Kepala Perikanan Palembang, Ahmad Zazuli, Kamis (3/2/2022).

1. Patin merupakan ikan Sungai Musi yang paling banyak

Palembang Belum Punya Teknologi Pembenihan Ikan di Sekanak LambidaroSungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurutnya, dari sekian banyak jenis ikan lokal asli Sungai Musi, hanya ikan patin yang mudah untuk pembibitan. Restocking benih ikan di Sungai, ikan patin dengan nama latin Pangasianodon Hypophthalmus merupakan jenis yang paling banyak dan memungkinkan untuk pembibitan.

"Pembibtan dari komunitas pun saat ini hanya bisa membibitkan ikan patin," Kata dia.

Baca Juga: Wajah Baru Sungai Sekanak Lambidaro dan Aktivitas Warga Sekitar

2. Tebar benih ikan di Sungai Musi tidak bisa sembarang

Palembang Belum Punya Teknologi Pembenihan Ikan di Sekanak LambidaroSungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Zazuli menyebutkan, pembibitan ikan lele atau nila tidak bisa dilakukan, sebab ada aturan terkait kegiatan tebar bibit ikan di sungai.

"Jenis ikan yang boleh dilakukan untuk tebar bibit adalah ikan lokal Sungai Musi. Ikan nila kan asli Sungai Nil, dan lele jumbo juga dari Thailand, jadi tidak boleh ditebar di sungai," jelasnya.

Baca Juga: Pemerintah Larang Konsumsi Ikan Belida, Denda Paling Kecil Rp250 Juta

3. Tebar benih patin untuk menjaga keberlangsungan ikan asli Sungai Musi

Palembang Belum Punya Teknologi Pembenihan Ikan di Sekanak LambidaroSungai Sekanak Lambidaro Palembang di Kawasan 24 Ilir (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Zazuli menerangkan, Pemkot mengantisipasi agar tidak rusak habitat komunitas ikan lokal akibat jenis ikan dari habitat lain yang bakal masuk

"Takutnya bisa menganggu keberlangsungan hidup ikan lokal di sungai dan anak Sungai Musi," terang dia.

4. Sebanyak 10 ribu benih ikan disebar di Sungai Sekanak Lambidaro

Palembang Belum Punya Teknologi Pembenihan Ikan di Sekanak LambidaroSungai Sekanak Lambidaro Palembang di Kawasan 24 Ilir (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kegiatan tebar bibit ikan lele dan nila hanya dapat dilakukan di kolam retensi, seperti di kolam ikan Kambang Iwak. Namun ikan-ikan itu tidak  bisa dilepas ke aliran Sungai Sekanak Lambidaro Palembang.

"Pemkot bersama BBWSS VIII nanti akan melepas 10.000 lebih bibit ikan patin di Sungai Sekanak Lambidaro," tandasnya.

Baca Juga: Festival Sekanak Lambidaro di Palembang Diundur 5-6 Februari

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya