Innalilahi...1 Jemaah Kloter 7 Palembang Meninggal di Madinah

Almarhum disalatkan petugas di Masjid Nabawi

Palembang, IDN Times - Seorang jemaah haji asal Palembang meninggal dunia di Tanah Suci, Madinah, setelah dirawat Rumah Sakit (RS) King Fahd, Arab Saudi, Senin (5/6/2023). Almarhum merupakan jemaah dari kelompok terbang (Kloter) 7 bernama Husin Syatri berusia 74 tahun.

"Almarhum menghembuskan nafas terakhir di RS pada pagi dan dimakamkan sore hari di Pemakaman Baqi, Madinah," ujar Ketua Kloter 7 Embarkasi Palembang, Wahidin Wangsian, melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (6/6/2023).

Baca Juga: Sumsel Terima 296 Kuota Haji Tambahan, CJH Diminta Proaktif

1. Almarhum berangkat bersama istri dan keluarga

Innalilahi...1 Jemaah Kloter 7 Palembang Meninggal di MadinahSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Almarhum berangkat menunaikan ibadah haji bersama istri dan keluarga besar. Mereka berangkat meninggalkan Palembang pada Sabtu (3/6/2023) pagi, dan tiba di Tanah Suci pada sore hari.

"Pihak keluarga sudah mengikhlaskan kepergian almarhum. Kami yakin almarhum meninggal dalam keadaan baik, karena sedang menunaikan ibadah haji," kata dia.

Baca Juga: 1 CJH Embarkasi Palembang Asal Prabumulih Batal Berangkat

2. Almarhum disalatkan di Masjid Nabawi

Innalilahi...1 Jemaah Kloter 7 Palembang Meninggal di MadinahSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Wahidin menyampaikan, almarhum didampingi oleh pembimbing ibadah haji serta Ketua Kemenag Palembang, Abdul Rosyid, hingga proses pemulasaran jenazah. Almarhum disalatkan di Masjid Nabawi setelah ibadah Ashar.

"Insya Allah husnulkhatimah," timpalnya.

3. Almarhum akan dibadalhajikan oleh petugas haji

Innalilahi...1 Jemaah Kloter 7 Palembang Meninggal di MadinahIlustrasi - Jemaah umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, menyampaikan bela sungkawa atas kepergian almarhum. Sesuai kesepakatan pemerintah Arab Saudi dan Indonesia, jemaah haji yang meninggal harus dimakamkan di Tanah Suci.

"Sesuai aturan, almarhum juga akan dibadalhajikan oleh petugas haji Indonesia. Pemerintah menyiapkan program badal di setiap operasional penyelenggaraan ibadah haji. Program ini menjadi bagian dari layanan yang disiapkan bagi jemaah yang memenuhi kriteria," jelas dia.

Baca Juga: 1 CJH Embarkasi Palembang Meninggal Dunia, Sempat Dirujuk ke RS

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya