Ada Minyak Goreng Murah di Rusun Palembang dan 4 Titik Lain 

Pemkot Palembang siapkan 35 ribu liter saat Operasi Pasar

Palembang, IDN Times - Sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB, Kamis (24/2/2022), antrean masyarakat Palembang yang didominasi emak-emak memadati kawasan rumah susun (rusun) di Kelurahan 24 Ilir. 

Emak-emak mengantre karena ingin membeli minyak goreng di operasi pasar yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot), sebagai upaya mengatasi kekosongan minyak goreng di sejumlah pasar tradisonal dan modern.

1. Tak peduli antre panjang agar bisa membeli minyak goreng

Ada Minyak Goreng Murah di Rusun Palembang dan 4 Titik Lain Antre minyak goreng di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Dewi, warga Kecamatan Bukit Kecil, dirinya ikut di dalam antrean panjang karena kesulitan membeli minyak goreng kemasan di pasar dan toko ritel.

"Susah, di Alfamart juga banyak yang kosong. Kadang ada di pasar tapi bukan kemasan, minyak curah dan harganya lebih mahal," kata dia.

Dirinya mengaku tak khawatir dengan keramaian di operasi pasar minyak goreng. Dewi lebih mementingkan mendapatkan 1 liter minyak goreng untuk memasak.

"Yang penting pakai masker mudah-mudahan sehat selalu dan bebas dari penyakit. Sekarang ada Corona, ada Omicorn," timpalnya.

Baca Juga: 1.200 Paket Minyak Goreng Ludes dalam 5 Jam di Muba

2. Pemkot Palembang sediakan minyak goreng premium di operasi pasar

Ada Minyak Goreng Murah di Rusun Palembang dan 4 Titik Lain Antre minyak goreng di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Lewat operasi pasar yang digelar Pemkot Palembang, minyak goreng yang dipersiapkan mencapai 35.000 liter. Operasi pasar menjual minyak goreng Rp5.000 per liter. Harga jual itu sudah sesuai dengan penetapan Kementerian Perdagangan, yakni minyak goreng curah Rp11.500 per liter, kemasan biasa Rp13.500 per liter, dan kemasan premium Rp14.000/liter.

"Operasi pasar minyak goreng yang disiapkan semuanya premium," ujar Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Palembang, Reymon Lauri.

Baca Juga: Minyak Goreng Kembali Langka, Palembang Tunggu Instruksi Pusat

3. Disdag Palembang pastikan tak ada penimbunan minyak goreng

Ada Minyak Goreng Murah di Rusun Palembang dan 4 Titik Lain Antre minyak goreng di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain di kawasan Rusun 24 Ilir, operasi pasar juga digelar di lima titik. Antara lain di Sekip, Maskarebet, KM 5, Tangga Buntung. Reymon menyebut, kelangkaan stok minyak goreng disebabkan keterlambatan pengiriman dari distributor kepada agen.

“Berdasarkan pengecekan, stok minyak goreng sebenarnya masih ada di distributor namun penyaluran ke pasar masih terbatas, seiring dengan kapasitas produksi perusahaan minyak goreng," tandas dia.

Baca Juga: Catat, Enam Masalah Ini Ditarget Pemkot Palembang Selesai Tahun 2022

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya