Anies Baswedan Dorong Pedagang Pasar Bentuk Koperasi di Jambi

Anies mendorong pedagang tak terjebak pinjaman modal ilegal

Jambi, IDN Times - Pasar Tradisional Angsoduo di Kota Jambi mendadak ramai dari biasanya pagi ini, Kamis (14/12/2023). Keramaian warga yang berdesakan di lapak-lapak sedang dihampiri Anies Baswedan, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1.

Kampanye Anies Baswedan di Jambi diawali dengan jadwal keliling di lapak pasar yang berlokasi tepat di tepian Sungai Batanghari. 

Capres yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, tiba di Jambi sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung menuju Pasar Angsoduo. Anies berkeliling dan terlihat berdialog dengan sejumlah pedagang yang dia hampiri. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Terharu Lihat Kampanye Prabowo Subianto di Sumbar 

1. Pedagang pasar curhat ke Anies

Anies Baswedan Dorong Pedagang Pasar Bentuk Koperasi di JambiAnis Baswedan, saat berkunjung ke pasar Angsoduo, Kota Jambi Kamis (14/12/2023). Anis memilih berdialog dengan pedagang saat kampanye di Jambi. (Dedy Nurdin/ IDN Times)

Dalam kesempatan itu, seorang pedagang di pasar mengeluhkan harga yang tidak seimbang antara modal dengan hasil jual. Seperti harga cabai yang mahal sehingga sepi pembeli.

"Kita ngambil harganya tinggi, dijual mahal malah, sulit laku. Tolong lah, pak, dicarikan solusinya," kata seorang pedagang kepada Anies Baswedan. 

Baca Juga: Yakin Menang Telak, Prabowo Subianto Tak Ingin Curang di Pilpres 2024

2. Terangkan program 100 hari kerja

Anies Baswedan Dorong Pedagang Pasar Bentuk Koperasi di JambiIlustrasi - Bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan menghadiri acara konsolidasi ormas gabungan dari KIB, Relawan Anies dan Relawan NasDem di Lapangan PRPP Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Anies mengatakan akan menjadikan prioritas dalam 100 hari kerja awal jika terpilih dalam Pilpres 2024 nanti. 

"Pengendalian harga kebutuhan bahan pokok ini akan menjadi prioritas kami dalam 100 hari kerja," kata Anies Baswedan. 

Jika terpilih, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mengatakan akan membentuk tim khusus yang bekerja untuk menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok. 

3. Istilah pinjam 4 kembali 7

Anies Baswedan Dorong Pedagang Pasar Bentuk Koperasi di JambiAnis Baswedan, saat berkunjung ke pasar Angsoduo, Kota Jambi Kamis (14/12/2023). Anis memilih berdialog dengan pedagang saat kampanye di Jambi. (Dedy Nurdin/ IDN Times)

Selain harga sembako yang pasar yang mahal dan sepi pembeli, sejumlah pedagang juga mengeluhkan praktik pinjaman modal yang dinilai terlalu memberatkan. 

Anies Baswedan mengaku menyayangkan adanya praktik pinjaman modal yang justru menimbulkan masalah baru. Banyak pedagang terjebak dengan pinjaman modal ilegal yang merugikan.

"Itu sudah kelewatan, tadi ada istilah pinjam 4 kembali 7, ini tadi saya sampaikan kepada kepala pasar supaya segera membentuk koperasi," kata Anies Baswedan. 

Persoalan tidak adanya koperasi pedagang menjadi ruang bagi praktik pinjaman ilegal yang mengikat pedagang. Padahal melalui koperasi menurut Anies justru akan lebih memudahkan mendapat bantuan modal dari perbankan. 

Usai melakukan kunjungan di pasar, Anies langsung bertemu dengan para mahasiswa di Abadi Convention Centre dalam acara "Tanyo Bang Anis".

Baca Juga: AHY Tekankan Pentingnya Figur SBY dan Dirinya di Alat Peraga Kampanye

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya