Belasan Pendaki Dipastikan Sudah Turun dari Puncak Gunung Marapi  

PVMBG mencatat erupsi Gunung Marapi di Sumbar sudah 9 kali

Padang, IDN Times - Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Barat (BKSDA Sumbar), Ardi Andono, memastikan sebanyak 18 dari 40 pendaki Gunung Marapi yang teregistrasi melakukan pendakian sudah turun dari area puncak, menyusul terjadinya erupsi sejak pagi, Sabtu (7/1/2023).

"Data terakhir tadi sudah ada 18 yang turun dari puncak. Sisanya masih dalam perjalanan turun menuju pos jaga atau lapor di area Pasanggrahan," kata Ardi, Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi  

1. Gunung ditutup untuk pendakian

Belasan Pendaki Dipastikan Sudah Turun dari Puncak Gunung Marapi  wagers.id

Seiring dengan peningkatan aktivitas Gunung Marapi di wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Agam, maka secara otomatis jalur pendakian ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Agar pendaki tak nekat mendekati gunung, petugas saat ini sudah berada di pos jaga untuk mengantisipasi hal tersebut. "Jalur pendakian Proklamator taman wisata alam Marapi kita tutup dulu. Kita imbau pendaki tidak nekat melakukan pendakian," ujar Ardi.

Baca Juga: Komplotan Polisi Gadungan Malam Tahun Baru di Palembang Dibekuk

2. Sudah sembilan kali erupsi

Belasan Pendaki Dipastikan Sudah Turun dari Puncak Gunung Marapi  Erupsi Gunung Marapi Sumbar, 7 januari 2023. IDN Times/PVMBG

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Marapi sejak pukul 06.11 WIB hingga 18.21 WIB, sudah sebanyak sembilan kali erupsi dengan amplitudo dan kolom abu bervariasi. Hingga kini, belum ada laporan resmi terkait dampak dari peristiwa tersebut.

Meski demikian, PVMBG mengeluarkan rekomendasi agar tidak melakukan aktivitas atau mendekati Gunung Marapi pada radius 3 kilometer dari kawah atau puncak, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan sumber keluarnya gas-gas vulkanik dapat membahayakan bagi kehidupan.

Masyarakat yang ada di sekitar gunung pun diharapkan tetap tenang dan tidak terpancing isu- isu tentang letusan. Mereka diminta selalu berkoordinasi dengan PVMBG dan mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah setempat.

3. Belum ada tindakan khusus dari BPBD

Belasan Pendaki Dipastikan Sudah Turun dari Puncak Gunung Marapi  commons.wikimedia.org

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur menyebut, belum ada tindakan khusus terkait peristiwa tersebut. BPBD katanya masih berkoordinasi dengan PVMBG, memantau, dan mengimbau kepada seluruh warga agar tetap waspada.

"Belum ada tindakan khusus. Petugas dari BPBD Kabupaten Tanah datar masih memantau saja,"tutup Rumainur

Baca Juga: Hotman Paris Minta Komisi 3 DPR RI Selidiki Vonis Rendah Pemerkosa Anak

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya