Gunung Marapi Sumbar Erupsi  

Sudah tiga kali erupsi sejak pagi

Padang, IDN Times - Gunung Marapi, Sumatra Barat erupsi, Sabtu (7/1/2023). Pos pengamat Gunung Marapi merekam sedikitnya sejak pukul 06.11 WIB hingga kini sudah terjadinya tiga kali aktifitas erupsi dengan ketinggian kolom abu bervariasi.

"Benar, mengalami erupsi,"kata Petugas Pemantau Gunung Marapi, Ahmad Rifai, Sabtu (7/1/2023).

1. Tiga kali erupsi

Gunung Marapi Sumbar Erupsi  Erupsi Gunung Marapi Sumbar, 7 januari 2023. IDN Times/PVMBG

Petugas Pemantau Gunung Marapi, Ahmad Rifai menyebut jika sejak pagi tadi sudah tiga kali terjadi erupsi. Erupsi pertama terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13.4 mm dengan durasi sekitar 45 detik. Saat ini, status gunung marapi berada di level II waspada.

Dengan tinggi kolom abu tercatat mencapai 300 meter. Lalu, erupsi kedua terjadi pada pukul 09.44 WIB dengan ketinggian kolom abu 200 meter dengan amplitudo maksimum 2.4 mm.

Dan, erupsi ketiga terjadi pukul 10.34 WIB. Dengan ketinggian abu kolom teramati mencapai 250 meter diatas puncak. Erupsi ini, terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 11 mm dan durasi sekitar 40 detik.

2. Ada 40 pendaki berada di puncak

Gunung Marapi Sumbar Erupsi  Instagram

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat, Ardi Andono merilis, ada sebanyak 40 pendaki yang hingga kini masih berada di wilayah sekitar puncak dan belum diketahui kondisinya.

“Ada 40 pendaki yang kini berada di Gunung Marapi. 20 orang naik pada hari Kamis dan 20 orang pada hari Jumat. Belum diketahui kondisinya, masih menunggu laporan petugas di lapangan,”kata Ardi Andono

3. Dilarang mendekati puncak

Gunung Marapi Sumbar Erupsi  Erupsi Gunung Marapi Sumbar, 7 januari 2023. IDN Times/PVMBG

Mengingat adanya peningkatan aktifitas gunung Marapi, PVMBG mengeluarkan rekomendasi antara lain, masyarakat disekitar Gunungapi Marapi dan pengunjung atau wisatawan, untuk tidak diperbolehkan melakukan pendakian dan mendekati radius 3 kilometer dari kawah atau puncak.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya