TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BPKH Hajj Run Cara Sosialisasi Ibadah Haji Sasar Calon Jemaah Haji

BPKH menyatakan banyak CJH gagal berangkat ke mekkah

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander (Foto: Istimewa)

Intinya Sih...

  • BPKH menyatakan banyak calon jemaah haji gagal berangkat ke Makkah karena faktor kesehatan yang tidak memenuhi persyaratan.
  • Badan ini akan menggelar BPK Hajj Run pada 3 November 2024 untuk sosialisasi pentingnya persiapan fisik optimal sebelum keberangkatan haji.
  • BPKH juga akan mengampanyekan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan keuangan Haji dan mendorong gerakan Ayo Haji Muda bagi generasi milenial dan Gen Z.

Padang, IDN Times - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyatakan banyak calon jemaah haji tidak jadi berangkat ke Tanah Suci karena keadaan fisik yang tidak memungkinkan.

Untuk itu, BPKH mengajak masyarakat untuk melakukan persiapan optimal sebelum keberangkatan pelaksanaan ibadah haji di tanah haram. Agar sosialisasi kepada jemaah kian masif, badan ini akan menggelar BPKH Hajj Run pada Minggu 3 November 2024 mendatang.

Baca Juga: BPKH akan Jadikan Fatwa Ijtima Ulama VII Panduan Kelola Dana Haji

1. Banyak jemaah haji gagal karena syarat kesehatan

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander mengatakan, sebelum keberangkatan ke Tanah Suci ada calon jemaah haji yang gagal berangkat karena faktor kesehatan. "Kami ingin mengajak masyarakat untuk memahami, bahwa persiapan fisik yang optimal sangat diperlukan dalam menjalankan ibadah haji," katanya, Jumat (27/09/2024).

"Ternyata kemarin saat pendaftaran haji, syarat kesehatan ditaruh di depan. Disitulah banyak Jemaah tidak bisa berangkat karena tidak memenuhi persyaratan kesehatannya" katanya.

2. Laksanakan BPKH Hajj Run

Untuk itu, pihaknya melaksanakan kegiatan BPKH Hajj Run yang akan dilaksanakan, Minggu (3/10/2024) mendatang.

"Dengan kegiatan yang dilakukan nantinya, diharapkan masyarakat bisa memahami bahwa menjaga kesehatan sebelum keberangkatan haji sangat penting," kata Harry.

3. Kampanyekan pengelolaan keuangan haji

Selain melakukan kegiatan tersebut, Harry mengatakan, BPKH juga akan mengampanyekan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan keuangan Haji. "Dengan kegiatan ini nantinya masyarakat juga dapat lebih memahami pentingnya memulai perencanaan keuangan untuk Haji sejak usia dini," lanjutnya.

Menurutnya, selama ini kebanyakan masyarakat memiliki stigma bahwa haji adalah ibadah untuk para pensiunan atau lansia.

"Sudah tua baru haji. Ada juga kesan haji bukan pilihan anak muda, generasi milenial atau gen Z. Oleh karena itu kita ingin mendorong gerakan Ayo Haji Muda dengan cara mengikuti trend, bahwa lari juga bisa bikin sehat dan sejalan dengan ibadah," ujarnya.

Baca Juga: Tambang Emas Ilegal di Solok Longsor, 15 Penambang Tewas

Berita Terkini Lainnya