TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Masih Minum Soda Usai Lebaran? Waspada Picu Kanker Pankreas

Seimbangkan konsumsi soda dengan makanan sehat

www.pexels.com

Merayakan momen lebaran biasanya identik dengan sajian minuman bersoda. Apalagi ketika kalian berkunjung ke rumah kerabat. Minuman soda tersedia dengan banyak pilihan rasa. Tak cuma lebaran, minuman bersoda yang tersisa pasca hari raya biasanya mendorong kita masih mengonsumsi. 

Namun tahukah kalian, kalau terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda dapat memicu kanker pankreas, dan beragam penyakit lainnya yang berdampak buruk terhadap tubuh.

Baca Juga: Cara Membuat Dalgona Coffee, Kegiatan Tepat saat WFH

1. Menimbulkan penyakit diabetes dan pengaruhi insulin

aidsmap.com

Staf Medik Penyakit dalam Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, dokter RA Linda Andriani mengatakan, pengaruh terlalu banyak konsumsi soda bisa membuat jantung berdebar-debar lebih cepat.

"Bisa kena kanker pankreas, saya pernah membaca penelitiannya. Tapi secara detail, saya lupa penelitian di mana. Penyakit diabetes juga bermula dari kandungan gula di dalamnya yang masuk ke darah memengaruhi insulin," katanya.

Baca Juga: Sudah Tahu Perbedaan Mocktail & Cocktail? Pastikan Jawabannya di Sini

2. Minuman bersoda juga memengaruhi moodboster

www.pexels.com/Nappy

Minuman bersoda memiliki tingkat karbonisasi tinggi karena zat karbon dioksida dalam komposisinya. Tak heran jika diminum menghadirkan sensasi menggigit di lidah. Kafein, gula, zat pewarna, serta bahan pengawet yang tidak baik, terus menerus masuk dalam tubuh. Kalau terlanjur konsumsi berlebih, seimbangkan dengan makanan sehat.

"Seseorang ketagihan mengonsumsi minuman soda karena memang setelah diminum dalam porsi banyak menimbulkan moodboster, hanya ini efek baiknya. Tapi yang lain gak ada," ujar dia.

3. Komposisi gula minuman bersoda menimbulkan kecanduan

Pexels/Rawpixels.com

Hasil gas dalam minuman bersoda jelas Linda, dapat membuat kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia. Serta berdampak terhadap obesitas tubuh.

"Komposisi gula menimbulkan rasa menyenangkan sehingga jadi kecanduan, dan yang minum kepengen lagi," jelasnya.

Apabila minuman bersoda masuk dalam tubuh secara berlebih, kondisi lambung jadi memburuk akibat gas minuman bersoda yang membuat asam lambung dan memicu sakit mag.

Baca Juga: Begini Lho Cara Mendeteksi Makanan Palsu di Sekitar Kita, Cermati Ya!

Berita Terkini Lainnya