Menpora Umumkan Jakabaring Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Pengalaman Sumsel ajang olahraga Internasional jadi pertimbangan

Palembang, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali menyebutkan, Palembang menjadi salah satu tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang. Zainuddin menilai, Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) akan jadi salah satu wakil Sumatra dalam kejuaraan dunia tersebut.

"Bersiaplah Sumsel, karena akan menjadi salah satu tuan rumah dengan beberapa provinsi lain di Indonesia untuk menggelar FIFA World Cup U-20," ungkap Zainudin, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga: Yu Hyun Koo Ungkap Alasannya Kembali ke Sriwijaya FC

1. Pengumuman GSJ sebagai tuan rumah sebagai kejutan

Menpora Umumkan Jakabaring Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023Kondisi Gelora Sriwijaya Jakabaring di komplek olahraga Jakabaring Sport City Palembang (Dok:Istimewa)

Zainudin menjelaskan, pengumuman GSJ sebagai tuan rumah telah disampaikan dirinya saat pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI di Jakabaring Spor City (JSC), Jumat (1/7/2022). Menurutnya, ini menjadi kado masyarakat Sumsel, yang menanti pengumuman terpilihnya Jakabaring sebagai salah satu perhelatan kejuaraan dunia.

"Sengaja saya tahan-tahan kemarin karena memang ingin saya sampaikan pada pembukaan FORNAS VI ini sebagai kejutan bagi masyarakat Sumsel," jelas dia.

2. Sumsel dipercaya untuk perhelatan olahraga tinggal internasional

Menpora Umumkan Jakabaring Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023Menpora Zainuddin Amali dalam penyambutan kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 Indonesia tiba di Tanah Air (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Zainudin menjelaskan, JSC menjadi satu dari enam provinsi yang ditunjuk melakukan perhelatan. Sebagaimana kesiapan ajang internasional di bumi Sriwijaya, pihaknya meminta kepada masyarakat maupun pemerintah daerah bersiap dalam mensukseskan ajang empat tahunan tersebut.

"Sumsel memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan event Internasional seperti SEA Games dan Asian Games. Tak heran jika Sumsel selalu ditunjuk dan dalam penyelenggaraan Internasional," jelas dia.

3. Piala Dunia U-20 berlangsung Mei tahun depan

Menpora Umumkan Jakabaring Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023Gedung PT Jakabaring Sport City Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 seharusnya menggelar pertandingan pada tahun 2021 lalu. Namun, akibat pandemik COVID-19, FIFA pun mengubah jadwal hingga tahun 2023. Di tahun depan rencananya Piala Dunia akan digelar pada bulan Mei atau Juni 2023.

Baca Juga: Sriwijaya FC Gelar Warm Up Tournament Juni 2021 di Jakabaring 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya