Cabor Sepatu Roda dan Muay Thai Sumsel Lolos PON 2024 di Aceh

Tim BK PON Sumsel target porsi kemenangan di PON Aceh

Palembang, IDN Times - Cabang olahraga (cabor) Sepatu Roda dan Muay Thai asal Sumatra Selatan (Sumsel) berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh pada 8-30 September 2024 nanti.

Kedua cabor tersebut mengirimkan atletnya usai mengadakan pertandingan Pra PON Aceh 2024 yang berlangsung 20-27 Agustus 2023 di Surabaya dan Yogyakarta.

Baca Juga: Atlet Sepatu Roda Sumsel Raih Perunggu di PON Papua

1. Target jangka panjang menyiapkan atlet PON 2028

Cabor Sepatu Roda dan Muay Thai Sumsel Lolos PON 2024 di AcehIlustrasi atlet muaythai (IDN Times/Istimewa)

Tim Ofisial Babak Kualifikasi (BK) PON Sumsel, Yan Mayapadha mengatakan, atlet yang dipastikan lolos ke PON 2024 ditargetkan meraih kemenangan bahan evaluasi untuk event nasional selanjutnya.

"Target jangka pendek mampu mendapatkan porsi kemenangan di PON 2024. Sementara jangka panjang adalah pembinaan atlet muda yang dipersiapkan untuk PON 2028. Pembinaan yang baik akan menjaga eksistensi dalam melahirkan atlet muda," ujarnya, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga: Puluhan Pembalap Sepeda Pra PON XII Tabrakan Beruntun Jelang Finish

2. Muay Thai Sumsel berada di peringkat 10 nasional

Cabor Sepatu Roda dan Muay Thai Sumsel Lolos PON 2024 di AcehIlustrasi atlet muaythai (IDN Times/Istimewa)

Ketua Pengda Muay Thai Sumsel, Lirman Budianta menambahkan, sebanyak 7 atlet diutus untuk meraih juara di PON 2024 Aceh. Ketujuh atlet tersebut terdiri dari enam orang di kelas Seni dan 1 orang di kelas Tarung.

"Kontingen Muay Thai Sumsel secara keseluruhan menduduki peringkat 10 nasional dengan perolehan medali 1 emas saat Pra PON," kata dia.

3. Ditarget membawa pulang medali

Cabor Sepatu Roda dan Muay Thai Sumsel Lolos PON 2024 di AcehIlustrasi atlet muaythai (IDN Times/Istimewa)

Satu atlet kelas Tarung yakni Rahmad Hidayat dikirimkan untuk kelas 43 kg dan untuk kelas Seni yang lolos PON 2024 Aceh ada 6 orang, yaitu Fitri Utami, Nadira Aryani, Audia Franesi, M Rizky Fidriansyah, Riski Kelana, dan Ferdiansyah Putra Amanatullah.

"Kita doakan mereka supaya bisa membawa medali pulang nanti," timpalnya.

4. Cabor Sepatu Roda kirim lima atlet

Cabor Sepatu Roda dan Muay Thai Sumsel Lolos PON 2024 di AcehIlustrasi atlet sepatu roda (IDN Times/Istimewa)

Komando tim Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Sumsel, Yudisto Eldorado Devera menambahkan, mereka juga menurunkan atlet terbaik untuk bertanding di PON Aceh. Sebanyak lima orang atlet dikirim di cabang lomba Inline Freestyle dengan komposisi senior dan junior

"Pembinaan atlet muda menjadi fokus utama saat ini. Kita berikan mereka kesempatan di setiap lomba, dengan tujuan transfer ilmu dari para seniornya," jelas dia.

Baca Juga: 10 Atlet Golf Sumsel Siap Bersaing di Pra PON 2023 di Bandung

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya