Atlet Sepatu Roda Sumsel Raih Perunggu di PON Papua

Mardevi meraih medali di nomor ITT 100 meter

Palembang, IDN Times - Kontingen Sumatra Selatan (Sumsel) kembali menorehkan prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Kali ini, giliran cabang olahraga (Cabor) sepatu roda yang memperoleh perunggu bagi Sumsel. Medali disumbang oleh Muhammad Bagus Mardevi.

Mardevi merupakan siswa Kelas XI SMA Negeri 19 Palembang. Dirinya sukses menyelesaikan lintasan dengan catatan waktu 7.875 detik pada nomor ITT 100 meter PON XX di venue Sepatu Roda Papua, Klemen Tinal Roller Sport Stadium.

"Alhamdulillah berkat semua dukungan bisa menyelesaikan pertandingan walau belum mendapat prestasi tertinggi," ujarnya kepada IDN Times, Rabu (29/9/2021).

1. Mardevi raih medali perunggu terakhir di Kejurnas Jakarta 2019

Atlet Sepatu Roda Sumsel Raih Perunggu di PON PapuaVenue sepatu roda PON XX Papua (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Sedari awal mewakili Sumsel di ajang PON Papua, Mardevi optimis mampu membawa nama daerah di kancah nasional. Dirinya yakin bisa mengharumkan Sumsel di mata kontingen lain. Karena bagi beberapa orang, atlet sepatu roda bukanlah cabor andalan yang bisa mencatatkan prestasi.

"Terakhir saya dapat perunggu di Kejurnas Jakarta pada 2019. Syukur di PON ini menambah koleksi medali untuk saya, cabor, dan keluarga," kata dia.

Baca Juga: Sepak Takraw Sumbang Medali Pertama Sumsel di PON Papua

2. Mardevi lolos Final Pra PON di Bekasi tahun 2019

Atlet Sepatu Roda Sumsel Raih Perunggu di PON PapuaPengguna jasa bandara bersama petugas mencoba permainan interaktif yang disediakan area promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Ia menceritakan awal mula menjadi atlet sepatu roda karena sekadar hobi. Mardevi tak menyangka jika dari hobi yang ia tekuni, justru memberikan prestasi luar biasa untuk perjalanan hidupnnya.

"Dari hobi bia mendapat perunggu, terima kasih semua support-nya," timpal Mardevi.

Kali perdana mencoba bermain sepatu roda, ia dikenalkan oleh teman sekolahnya. Waktu duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), ia mengikuti lomba sepatu roda. Lambat laun kian tertarik, Mardevi akhirnya menyalurkan hobinya dengan bergabung komunitas dan ikut berlatih di cabor sepatu roda.

"Bisa lolos PON Papua karena berhasil menang di kejurnas jarak pendek (Speed) dan lolos Final di ajang Pra PON Bekasi pada 2019," jelas dia.

Baca Juga: Kontingen PON Papua Asal Sumsel Bakal Terima Bonus Spontan

3. Keberhasilan di PON Papua berkat dukungan sang ayah

Atlet Sepatu Roda Sumsel Raih Perunggu di PON PapuaAtlet sepatu roda Sumsel raih perunggu di PON Papua (IDN Times/Dokumen)

Sepanjang aktif di cabor sepatu roda, Mardevi meraih sederet prestasi. Yakni 3 medali emas Piala Gubenur Sumatra Barat dan Piala Wali Kota Pariaman 2018, 1 perunggu di Jakarta Open Desember 2019, Kejurda 2017, 1 emas dan 2 perunggu pada Porprov 2017 di Palembang, dan 1 emas serta 2 perak di Piala Menpora 2018.

"Karena ayah juga bisa menjadi seperti ini," tegasnya.

Ayahanda Mardevi, Marwan, merupakan Ketua Pengkot Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi). Sebagai anak seorang pengurus cabor sepatu roda, Mardevi bersyukur bisa membanggakan keluarga terutama sang ayah.

"Bisa ikut di kancah PON berkat dukungan orangtua, terutama ayah," timpal dia.

4. Mardevi hampir jatuh memperjuangkan perunggu

Atlet Sepatu Roda Sumsel Raih Perunggu di PON PapuaIlustrasi venue pertandingan di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Pelatih Sepatu Roda Sumsel, Yogi Metra menambahkan, perunggu yang diraih Mardevi menjadi bukti bawah ia merupakan salah satu atlet terbaik Sumsel. Meski belum mendapat emas, Mardevi sudah mengharumkan provinsi di kancah nasional.

"Alhamdulillah permainannya sudah maksimal. Besarnya motivasi dan doa masyarakat Sumsel membuat dia bisa mempersembahkan medali. Dia sempat hampir jatuh dan bisa kembali mengontrolnya," tandas dia.

Baca Juga: Herman Deru Janji Tambah Bonus Atlet Sumsel Hingga Rp300 Juta

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya