Ancaman Sriwijaya FC di Laga Pamungkas, Tanpa 2 Pemain Andal

Hendri Susilo pantau tim dari tempat kepelatihan lisensi AFC

Palembang, IDN Times - Laga pamungkas Sriwijaya FC kontra PSMS Medan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Minggu (17/12/2023), harus dihadapi Laskar Wong Kito dengan skenario terburuk. Tim asuhan Hendri Susilo bermain pincang saat menghadapi Ayam Kinantan.

Skuad Elang Andalas kehilangan dua pemain andal. Mereka merupakan pemain inti Yevhen Bokhashvili yang akrab disapa Baha, dan full back kiri Amabel Rahmansyah alias Abel akibat kartu merah saat dijamu PSPS Riau, Kamis (30/11/2023).

"Kita sudah melayangkan protes (ke PSSI) atas keputusan wait terutama untuk Baha pemain asing. Kita melihat dia tidak melakukan kesalahan. Seharusnya dikasih kartu kuning pertama. Ini langsung kartu merah," ujar Direktur Teknik Sriwijaya FC, Indrayadi, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga: Beban Berat Sriwijaya FC; Ditinggal Pelatih, Tunggakan Gaji, Degradasi

1. Hendri Susilo absen tak mendampingi Sriwijaya FC

Ancaman Sriwijaya FC di Laga Pamungkas, Tanpa 2 Pemain AndalPelatih Sriwijaya FC Hendri Susilo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Asisten Pelatih Sriwijaya FC Oktavianus, keadaan tim setelah latihan perdana di Palembang pasca kepulangan Elang Andalas dari Riau, Selasa (5/12/2023) tetap terjaga. Namun suasana hati pemain kurang baik karena harus menjalani latihan tanpa Hendri Susilo.

Hendri Susilo tak bisa mendampingi Nur Iskandar dan kawan-kawan, karena harus menjalani kursus kepelatihan lisensi AFC Pro di Sentul Bogor pada 3 hingga 13 Desember 2023.

"Gak ada coach (Hendri Susilo) berpengaruh (kondisi fisik) pasti. Tim juga baru mendapatkan keputusan buruk (kartu merah). Kondisi tim ada sedikit drop, tapi kepercayaan diri mereka (pemain) tetap semangat," timpalnya

Baca Juga: Gol Tunggal Yevhen Bokhashvili ke PSPS dan Pembuktian Sriwijaya FC

2. Pemain Sriwijaya FC masih bergairah

Ancaman Sriwijaya FC di Laga Pamungkas, Tanpa 2 Pemain AndalKemenangan laga home Sriwijaya FC kontra PSPS Riau (IDN Times/Dok. Media Officer Sriwijaya FC)

Kepercayaan diri pemain masih bagus didorong hasil positif dari laga PSPS Riau. Mereka mengantongi tiga poin. Artinya peluang keluar dari zona tak aman atau degradasi kembali terbuka.

"Saya melihat gak terlalu anjlok kondisi pemain. Berarti mereka tetap maintenance kondisi. Kelihatan sekali tidak ada yang cedera, tidak ada yang berhenti di tengah latihan, dan kondisi pemain sehat-sehat," kata Oktavianus.

3. Hendri Susilo pantau perkembangan tim

Ancaman Sriwijaya FC di Laga Pamungkas, Tanpa 2 Pemain AndalIlustrasi latihan Sriwijaya FC di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski Hendri Susilo tidak bisa bersama Skuad Elang Andalas dalam sepekan latihan Sriwijaya FC, nahkoda Laskar Wong Kito tetap memantau latihan dari jauh serta terus mengikuti perkembangan pemain.

Hendri pun memberikan materi latihan kepada tim lewat Asisten Pelatih, dan Hendri diperkirakan mendampingi klub jersey merah di beberapa hari akhir jelang laga pamungkas kontra PSMS Medan.

"Seminggu mau kick-off beliau sudah ada di tim ini lagi. Secara fisik Hendri memang tidak hadir dalam latihan, namun materi program yang dititipkannya kepada jajaran staf pelatih berusaha memotivasi agar tim tetap terjaga dan anak-anak punya gairah," jelas dia.

Baca Juga: Suporter dan Manajemen Sriwijaya FC Minta Audiensi Gubernur Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya