Sumsel Jadi 10 Sentra Pelatnas, KONI Bentuk Cabor Unggulan Tiap Daerah

KONI Sumsel bakal surati 17 kabupaten dan kota

Palembang, IDN Times - Sumatra Selatan (Sumsel) terpilih menjadi satu di antara 10 daerah yang akan menjadi Sentra Pelatihan Nasional (Pelatnas). KONI Sumsel pun akan membentuk cabor unggulan di 17 kabupaten dan kota.

"Kita bersyukur Sumsel ditunjuk sebagai salah satu tempat sentra atlet di indonesia. Kita akan menyusun teknis cabor yang menjadi ungggulan di Sumsel," ujar Ketua Umum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin, Selasa (8/3/2022).

1. Cabor unggulan akan resmi dibentuk pemerintah daerah

Sumsel Jadi 10 Sentra Pelatnas, KONI Bentuk Cabor Unggulan Tiap DaerahSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dalam pembentukan cabang olahraga di 17 daerah di Sumsel, KONI akan menyurati seluruh pengurus cabor untuk mewujudkan cabor yang berorientasi kepada Olimpiade.

"Seperti di Lubuk Linggau dari cabor balap sepeda menjadi unggulan. Nah, kita akan surati secara resmi KONI dan Bupati setiap daerah yang memiliki cabor unggulan," kata dia.

Baca Juga: Atlet Sumsel di PON Papua Tuntut Bonus yang Tak Kunjung Cair

2. Sumsel memiliki dua cabor unggulan langganan emas

Sumsel Jadi 10 Sentra Pelatnas, KONI Bentuk Cabor Unggulan Tiap DaerahPresiden SFC sekaligus Ketua KONI Sumsel Hendri Zainudin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurutnya, rata-rata event bergengsi dari 22 cabor yang mengikuti kegiatan sudah memiliki cabor unggulan. Cabor favorit itu selalu mendapatkan langganan emas.

"Ada dua cabor industri langganan menang, contohnya sepak bola dan basket," timpal dia.

Baca Juga: KONI Sumsel Jaring Atlet Binaraga Lewat Open Tournament di Palembang

3. Sumsel berharap temukan atlet baru berpotensial untuk 22 cabor

Sumsel Jadi 10 Sentra Pelatnas, KONI Bentuk Cabor Unggulan Tiap DaerahPT Jakabaring Sport City (JSC) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Hendri menargetkan sentra pelatihan nasional di Sumsel bisa menjaring atlet-atlet baru potensial yang bisa membawa nama daerah hingga jenjang nasional maupun internasional.

“Kita berharap dari 22 cabor akan muncul atlet-atlet dari Sumsel, terutama kita juga ditunjuk sebagai tempat pelatihan olahraga di indonesia," jelasnya.

4. Kemenpora RI pilih 10 daerah sebagai sentra pelatnas untuk Olimpiade 2032

Sumsel Jadi 10 Sentra Pelatnas, KONI Bentuk Cabor Unggulan Tiap DaerahKetua KONI Sumsel, Hendri Zainudin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kemenpora RI resmi memilih 10 kota sebagai sentra Pelatnas yakni Sumatra Utara, Sumsel, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Rencana Sentra Pelatihan Olahraga Nasional tersebut merupakan program pemerintah sebagai upaya meningkatkan potensi atlet baru, dan langkah Indonesia yang mengajukan diri menjadi tuan rumah penyelenggaran Olimpiade 2032.

Baca Juga: Protes Persiapan PON XXI, Puluhan Atlet Sumsel Minta Sumbangan ke Pengendara

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya