Puluhan Warga OKU Jatuh dari Jembatan Saat Menonton Lomba Renang

Warga yang terjatuh mengalami luka-luka dan patah tulang

Ogan Komering Ulu, IDN Times - Tali seling jembatan gantung di Desa Banjar Sari Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumsel, putus diduga karena tak kuat menyangga puluhan orang. Akibatnya puluhan warga dilaporkan mengalami cedera hingga patah tulang.

Insiden tersebut terjadi pada Kamis (17/8/2023) Pukul 16.30 WIB, ketika banyak warga yang menonton perlombaan renang di Sungai Ogan dari jembatan gantung tersebut.

Baca Juga: Pria Berbaju Loreng Tenteng Parang Mengamuk ke Warga di Palembang

1. Korban mengalami luka-luka dan patah tulang

Puluhan Warga OKU Jatuh dari Jembatan Saat Menonton Lomba Renang(Petugas kepolisian saat mengamankan lokasi jembatan gantung yang putus di OKU) IDN Times/istimewa

Kepala Desa Banjarsari, Amir Hakim mengatakan, warga yang menonton dari atas jembatan tersebut diperkirakan hampir mencapai 100 orang. Seling jembatan sebelah kanan putus karena usia jembatan yang sudah tua, sehingga mengakibatkan penonton berjatuhan ke dalam Sungai Ogan.

"Korban yang mengalami luka-luka dan patah tulang langsung dievakuasi ke RS dr. Noesmir Baturaja. Saat ini kita masih mendata para korban yang jumlahnya puluhan," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (19/8/2023).

Baca Juga: Polisi Selidiki Kebakaran Besar di Pabrik STG PT Pusri Dini Hari Tadi

2. Tidak ada korban jiwa saat insiden

Puluhan Warga OKU Jatuh dari Jembatan Saat Menonton Lomba Renang(Petugas kepolisian saat mengamankan lokasi jembatan gantung yang putus di OKU) IDN Times/istimewa

Kapolsek berserta Camat langsung mengunjungi rumah sakit usai kejadian, sedangkan personel piket SPKT Polsek Semidang Aji mendatangi TKP kejadian. Kapolsek Semidang Aji, Ipda Hartomi mengatakan, korban luka dan patah tulang masih dalam perawatan dan pengobatan alternatif.

"Para korban sedang didata oleh Bhabinkamtibmas Desa Banjar Sari bersama piket SPKT Polsek Semidang Aji, baik yang dirawat di rumah maupun di RS," ucapnya.

3. Jembatan tak mampu menahan beban karena sudah tua

Puluhan Warga OKU Jatuh dari Jembatan Saat Menonton Lomba RenangIlustrasi TKP (IDN Times/Arief Rahmat)

Hasil dari pengecekan di TKP, putusnya tali seling jembatan gantung disebabkan beban muatan yang melebihi kapasitas saat menonton perlombaan renang di Sungai Ogan. Sedangkan jembatan tersebut merupakan jembatan lama.

"Para korban yang mengalami luka-luka diakibatkan oleh gesekan tali seling dan benturan, sehingga korban menyelamatkan diri dengan cara bergantung di jembatan," bebernya.

4. Lomba renang dilaksanakan untuk acara 17 Agustus

Puluhan Warga OKU Jatuh dari Jembatan Saat Menonton Lomba RenangIlustrasi berenang di sungai (busy.org)

Untuk penyelidikan lebih lanjut, Polsek Semidang Aji memasang garis polisi di jembatan gantung tersebut. Setelah kejadian, akses warga menuju perkebunan sementara terputus.

“Memang kondisi lagi kemarau. Namun di bagian sungai itu masih ada lubuknya (bagian dalam),” tutupnya.

Baca Juga: Penggali Kubur di Palembang Nyambi Jadi Begal Saat Tunggu Peziarah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya