Porprov Lahat Ricuh, Wasit Sepak Bola Dipukul Pemain Asal Palembang

Pemukulan diawali tim Palembang dan OKU Selatan saat berlaga

Lahat, IDN Times - Suasana pertandingan sepak bola antara kesebelasan Palembang melawan OKU Selatan dalam ajang Porprov XIV Sumsel 2023 berujung panas, Selasa (19/9/2023). Sejumlah pemain dari kedua kesebelasan itu bahkan saling provokasi di lapangan dengan cara melayangkan tendangan ke udara saat pertandingan di Gelora Serame Kabupaten Lahat.

Kedua pemain tim akhirnya baku hantam hingga ke pinggir lapangan. Bahkan kericuhan juga memancing emosi kedua pihak yang bertanding, hingga wasit juga tak luput dari amukan tim yang kecewa.

Baca Juga: Puluhan Pembalap Sepeda Pra PON XII Tabrakan Beruntun Jelang Finish

1. Wasit jadi sasaran pemain asal Palembang

Porprov Lahat Ricuh, Wasit Sepak Bola Dipukul Pemain Asal PalembangIlustrasi pemukulan (IDN Times/Mardya Shakti)

Kejadian berawal ketika pemain dari Palembang yang menggunakan jersey berwarna hijau bernomor punggung 21, diduga memukul kepala pemain OKU Selatan bernomor punggung 16 di menit ke-36. Kericuhan antar dua kesebelasan di pinggir lapangan tak dapat terelakan. Mulai dari pemain dan ofisial saling jual beli pukulan.

Namun saat memasuki babak injury time, terjadi handsball oleh pemain OKU Selatan di areal kotak penalti. Rupanya wasit yang memimpin pertandingan diduga tidak melihat pelanggaran itu, hingga terjadi protes dari tim kesebelasan Kota Palembang.

Seorang pemain asal Palembang memukul wasit hingga suasana akhir pertandingan semakin ricuh. Tim dari kesebelasan Palembang mengejar wasit tersebut. Namun wasit tidak tinggal diam. Ia sempat berupaya membela diri  dan melayangkan tendangan terbang ke salah satu pemain. Berhubung kalah jumlah, wasit akhirnya melarikan diri sembari dikejar oleh tim dari Kota Pelembang.

Baca Juga: Atlet Triatlon Sumsel Kesulitan Latihan di Venue Aquatic JSC

2. Pertandingan dimenangkan tim OKI Selatan

Porprov Lahat Ricuh, Wasit Sepak Bola Dipukul Pemain Asal PalembangIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Pihak pengamanan dari TNI dan Polri cepat melerai kericuhan. Pertandingan sempat dilanjutkan kembali. Meski pertandingan berjalan sedikit panas, namun laga dimenangkan oleh tim OKU Selatan dengan skor 2-1.

Usai laga, pelatih tim asal Palembang, Sunari, tak bisa berkata banyak dengan situasi yang terjadi. Dia sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit yang dinilai berat sebelah. 

"Bisa lihat sendiri bagaimana di lapangan tadi. Seharusnya jelas itu handsball, tapi penonton nilai sendiri bagaimana," ujarnya.

3. Askot PSSI Palembang layangkan surat protes

Porprov Lahat Ricuh, Wasit Sepak Bola Dipukul Pemain Asal Palembangberitasatu.com

Ketua Asosiasi Kota Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Askot PSSI) Palembang, Ansori Thohir Roni bersama Sekretaris, Irwansyah, telah mengirim surat protes terkait kepemimpinan wasit kepada Ketua Asprov PSSI Sumsel hingga Ketua Pandis Porprov Sepak Bola.

"Kami menilai kepemimpinan wasit dan PP di lapangan tidak profesional, serta terindikasi keberpihakan kepada OKU Selatan dalam pertandingan sepak bola antara Palembang," jelasnya.

Pihaknya juga mengecam insiden yang melibatkan oknum penonton karena memukuli pemain di lapangan. Dia juga merasa bahwa wasit tidak adil karena memberikan tendangan penalti kepada OKU Selatan, dengan alasan bahwa pemain Palembang hanya menyentuh bola di titik 12 pas.

"Namun pada menit terakhir pertandingan, keputusan wasit tidak memberikan tendangan penalti karena pemain OKU Selatan terlihat melakukan handsball. Tim Palembang sangat dirugikan," tutupnya.

Baca Juga: 10 Ribu Siswa Berebut Juara di POPNAS XVI 2023 Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya