Pipa Pertamina di Ogan Ilir Bocor, Semburan Gas Setinggi 50 Meter

Lokasi instalasi pipa berada tak jauh dari rel kereta api

Ogan Ilir, IDN Times - Instalasi pipa Pertamina yang berada di wilayah Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengalami kebocoran. Semburan gas terlihat dari kejauhan setinggi lebih kurang 50 meter.

Informasi semburan gas pertama kali disampaikan masinis kereta yang melaju dekat instalasi pipa gas. Kendati demikian, lokasi kebocoran cukup jauh dari permukiman warga.

Baca Juga: Tempat Penyulingan Minyak Mintah Ilegal Kembali Terbakar di Muba

1. Pertamina langsung cek lokasi pipa yang bocor

Pipa Pertamina di Ogan Ilir Bocor, Semburan Gas Setinggi 50 Meter(Petugas Pertamina saat menjaga area pipa yang bocor dan semburkan gas) IDN Times/istimewa

Checker Pertamina Area Indralaya Utara, Sutrimo mengatakan, pihaknya menerima informasi kebocoran pipa yang terletak dekat rel kereta api tersebut pada pukul pukul 05.00 WIB.

"Saat dicek, ternyata ada kebocoran pipa menyemburkan gas setinggi lebih dari 50 meter," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga: 2 Anak Tersambar Api Saat Main Korek Dekat Pipa Gas Bocor

2. Pertamina kurangi tekanan gas di wilayah Payakabung

Pipa Pertamina di Ogan Ilir Bocor, Semburan Gas Setinggi 50 MeterIlustrasi pekerja Pertamina. (Dok. Pertamina)

Sutrimo menyebut pihaknya telah mengurangi tekanan gas di wilayah Payakabung, masih di wilayah Indralaya Utara. Pertamina juga mengimbau warga tidak mendekati titik semburan gas demi mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

"Kami pun sebagai petugas Pertamina jaga jarak 200 meter dari titik semburan gas. Belum diketahui pasti penyebab bocornya pipa gas, saat ini masih dicek oleh tim," ungkapnya.

3. TNI dan Polri berjaga di lokasi

Pipa Pertamina di Ogan Ilir Bocor, Semburan Gas Setinggi 50 MeterPT Pertamina Gas (Pertagas) bagian dari Subholding Gas Pertamina memastikan distribusi minyak mentah di wilayah Sumatera Selatan berjalan baik dan aman. (Dok. Pertagas).

Aparat TNI-Polri juga telah mendatangi lokasi untuk berjaga, mengantisipasi warga dan kendaraan agar tidak mendekat. Danramil 402-07/Indralaya, Kapten Inf Alex Hendra mengatakan, lokasi semburan gas berada jauh dari pemukiman warga.

"Maka kami di sini berjaga agar tidak ada warga yang mendekat. Personel Polsek Indralaya juga berjaga dk persimpangan jalan dekat lokasi semburan gas," ungkap Alex

Baca Juga: Tumpahan Minyak dari Pipa Pertamina Cemari Sungai Kelekar Prabumulih

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya