Palembang Punya Ada Bank Sampah Terapung Pertama di Indonesia

Penanggulangan sampah daur ulang bisa dilakukan di mana saja

Palembang, IDN Times - Penanganan daur ulang sampah dilakukan untuk mengurai limbah sampah khususnya plastik yang tak pernah habis. Upaya ini terus dilakukan Bank Sampah Induk kota Palembang yang sudah berjalan dengan baik.

Umi Hani, Wakil Direktur Bank Sampah Induk Palembang yang juga Ketua Bidang Keanggotaan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) mengatakan, mereka bekerja sama beberapa perusahaan daur ulang penerima bahan baku di wilayah Palembang maupun Pulau Jawa.

"Untuk pengiriman ke Pulau Jawa di wilayah Jabodetabek, kami bekerja sama Sinar Mas Group untuk daur ulang kertas, baik yg sifatnya dokumen rahasia maupun kertas lainnya," ujarnya, Minggu (8/10/2023).

Baca Juga: DLHK Palembang Mengakui 38 Bank Sampah Belum Optimal

1. Ikut kelola sampah dari rumah sakit

Palembang Punya Ada Bank Sampah Terapung Pertama di Indonesia(Edukasi pada masyarakat pengunjung Kambang Iwak di hari Minggu, tentang Bank Sampah dan cara penilaian serta peduli lingkungan dengan menabung sampah) IDN Times/istimewa

Sedangkan untuk sampah plastik, pihaknya bekerja sama Inovycle, Violia Polindo, dan sebagainya. Termasuk bekerja sama beberapa pihak penghasil sampah seperti RSUP Dr. Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

"Untuk kelola sampah kawasan RS, kami mendampingi pengelolaan limbah domestik yang bisa didaur ulang melalui program Bank Sampah Ras dan limbah Organik untuk kompos dan pakan magot," jelasnya.

Baca Juga: Sumsel Biang Kerok Kabut Asap 3 Provinsi, Gubernur: Cek Sendiri

2. Kerja sama Pertamina untuk bank sampah keliling

Palembang Punya Ada Bank Sampah Terapung Pertama di Indonesia(Edukasi pemanfaatan limbah organik untuk ketahanan pangan di Kodam 2 Sriwijaya dan bagaimana memilih sampah yang benar) IDN Times/istimewa

Inovasi Bank Sampah juga sudah dilakukan melalui Bank Sampah Keliling yang diinisiasi sejak 2021. Pihaknya dilibatkan Pertamina Patra Niaga sebagai Bank Sampah keliling pertama di Indonesia.

"Selain Bank Sampah Keliling, kita juga punya Inovasi terbaru yaitu Bank Sampah Terapung berkolaborasi dengan PT Pusri. Lokasinya di Pulau Kemaro Kampung Aer," ucapnya.

3. Bank Sampah terapung satu-satunya di Indonesia

Palembang Punya Ada Bank Sampah Terapung Pertama di Indonesia(Edukasi ke pengunjung dan para pasien RSUP Dr. Moh Hoesin di hari Lingkungan Hidup sedunia 2022) IDN Times/istimewa

Atas inovasi ini, pihaknya berharap ke depan bisa menjadi percontohan jika Bank Sampah tidak hanya ada di darat, tapi di air pun bisa. Bank Sampah terapung di Palembang menjadi satu-satunya di Indonesia. 

"Saat ini sedang tahap penyelesaian dan sudah berjalan. Dengan demikian, persoalan sampah bisa ditanggulangi di mana saja," ungkapnya.

Baca Juga: Taktik Polisi Atasi Karhutla, Mobil Water Cannon Pun Masuk Hutan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya