Malu Melahirkan Usai 2 Bulan Menikah, Ibu Muda Buang Bayinya

Bayi tersebut hasil hubungan gelap pelaku dengan pria lain

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Warga Desa Dabuk Makmur, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dihebohkan oleh penemuan jasad bayi dekat tempat sampah, Jumat (25/8/2023).

Belakangan diketahui bayi tersebut dibuang oleh ibu kandungnya sendiri berinisial RN (28). Mayat bayi berjenis kelamin perempuan tersebut ditemukan pertama kali oleh seorang Asisten Rumah Tangga (ART) saat hendak membuang sampai sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Perempuan Tinggalkan Bayinya di Trotoar Datangi Polda Sumsel

1. Jasad bayi ditemukan di tempat sampah

Malu Melahirkan Usai 2 Bulan Menikah, Ibu Muda Buang Bayinyailustrasi bayi (unsplash.com/Andriyko Podilnyk)

Kepala Desa (Kades) Dabuk Makmur, Syamsi Syahrizal mengatakan, ART tersebut melihat bungkusan besar warna merah di dekat tempat sampah. Setelah merasa curiga dengan bungkusan itu, ART tersebut langsung melapor ke majikannya.

"Saya datang dan membuka plastik tersebut, ternyata mayat bayi perempuan yang masih ada tali pusarnya. Diduga bayi tersebut baru saja dilahirkan ibunya," ujar Syamsi, Minggu (27/8/2023).

Baca Juga: Jasad Bayi 1 Bulan Ditemukan Membusuk di Dalam Kardus

2. Bayi masih hidup sebelum dibuang pelaku

Malu Melahirkan Usai 2 Bulan Menikah, Ibu Muda Buang Bayinyailustrasi bayi (pexels.com/Ryutaro Tsukata)

Usai melihat hal tersebut, ia langsung menghubungi polisi setempat dan bidan, dengan harapan bayi tersebut masih bernyawa. Saat Polisi datang, jasad bayi yang memiliki berat 3 kg dengan panjang 50 cm langsung dievakuasi ke Puskesmas Pematang Panggang IV.

"Dari hasil keterangan saksi-saksi ada satu orang yang dicurigai berinisial RN. Dia ini sempat diperiksa dokter Puskesmas setempat dan mengaku baru saja melahirkan di WC rumahnya," jelasnya.

Mirisnya, bayi tersebut sempat hidup sebelum dibuang pelaku menggunakan kain dan dibungkus karung kemudian kantong plastik merah.

"Dari pengakuannya kepada dokter, RN sudah hamil 7 bulan sebelum menikah dengan suami keduanya saat ini. Bayi tersebut merupakan hasil hubungan dengan orang lain, bukan dengan suami barunya," bebernya.

3. Warga curiga pelaku hamil

Malu Melahirkan Usai 2 Bulan Menikah, Ibu Muda Buang Bayinyailustrasi bayi baru lahir (pexels.com/Christian Bowen)

Setelah dua bulan menikah, ia pun melahirkan bayi perempuan tersebut. Namun karena takut dan malu, ia nekat membuang bayi tersebut.

"Ia (RN) saat menikah tidak mengaku kalau hamil. Ia hanya berkata perutnya besar karena sering minum air es dan bukan hamil," ungkap Syamsi.

Warga sebenarnya sudah curiga dengan kondisi RN dan mengira ia tengah hamil. Namun RN selalu mengelak.

"Warga memang banyak curiga dengan perut RN yang besar. Tapi saat ditanya dia beralasan besar karena sering minum air es. Tapi ternyata kecurigaan warga selama ini benar, ternyata dia hamil," ungkapnya.

4. Polisi langsung tangkap pelaku

Malu Melahirkan Usai 2 Bulan Menikah, Ibu Muda Buang BayinyaIlustrasi (IDN Times/Sukma Sakti)

Kanit Reskrim Polsek Mesuji Raya, Aipda Wijoko Triyono, segera memerintahkan anggotanya ke lokasi untuk mengecek mayat bayi tersebut.

"Saat tiba anggota segera melaksanakan langkah-langkah awal investigasi. Proses identifikasi mayat bayi dilakukan di Puskesmas Pematang Panggang IV dengan bantuan tim forensik (Inafis) dari Polres Ogan Komering Ilir," tuturnya.

Merujuk dari hasil pemeriksaan oleh dokter Puskesmas Pematang Panggang IV, baru diperoleh hasil bahwa mayat bayi tersebut adalah anak RN.

"Dengan adanya bukti-bukti yang terkumpul, kami berhasil mengamankan pelaku yang tidak lain adalah orang ltuanya sendiri. Pelaku saat ini telah dibawa ke Mapolres OKI dan akan dilakukan pendalaman," tutupnya.

Baca Juga: Warga Temukan Bayi Laki-laki dan Uang di Teras Bengkel Motor

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya