Lempengan Emas dari Sungai Komering Dikumpulkan di Rumah Kades

Tim Arkeologi Palembang akan cek keaslian dan nilai barang

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Sejak dikabarkan temuan harta karun di Sungai Komering, tepatnya di bawah jembatan tol di Desa Arisan Buntal, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), warga beramai-ramai menyelam untuk mendapatkan emas.

Faktanya dari beberapa warga yang menyelam hanya mendapatkan pecahan lempengan seperti emas batangan. Sedangkan barang antik maupun perhiasan tidak ditemukan. Barang yang ditemukan warga berupa pecahan lempengan diduga emas batangan lalu dikumpulkan di rumah Kades Tanjung Lubuk.

Baca Juga: Heboh Temuan Harta Diduga Emas, Warga Kayuagung Selami Sungai Komering

1. Emas yang beredar di media sosial adalah hoaks

Lempengan Emas dari Sungai Komering Dikumpulkan di Rumah Kades(Logam diduga emas yang ditemukan warga di Sungai Komering) IDN Times/istimewa

Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto mengatakan, warga yang menyelam menemukan lempengan pecahan seperti emas batangan saja. Untuk bentuk lain tidak ada. 

"Barang temuan bentuk lain yang beredar di WhtasApp maupun sosial media itu tidak benar alias hoaks," ujarnya, Sabtu (12/8/2023).

Ditegaskannya, barang temuan warga yang menyelam pertama berupa batangan ukuran kecil dikumpulkan di rumah Kades Tanjung Lubuk, Kecamatan Kayuagung, untuk diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: 30 Lahan Tidur Terbakar, Kabut Asap Ancam Pengendara Tol Palindra

2. Barang temuan dikumpulkan di rumah kades

Lempengan Emas dari Sungai Komering Dikumpulkan di Rumah Kades(Warga Kayuagung kabupaten OKI saat menunjukkan logam diduga emas yang ditemukan di dasar Sungai Komering) IDN Times/istimewa

Barang yang pertama ditemukan oleh warga Desa Tanjung Lubuk sebelum heboh, dan membuat masyarakat berbondong-bondong ke lokasi untuk melihat dan menyelam mencari harta karun. 

Kapolsek menambahkan, hebohnya penemuan harta karun membuat pihak kepolisian datang meninjau langsung lokasi sambil menunggu Tim Arkeologi Palembang. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di sekitar lokasi. Harus mengutamakan keselamatan, karena lokasi ini adalah sungai besar," katanya.

3. Polisi lakukan patroli di sekitar Sungai Komering

Lempengan Emas dari Sungai Komering Dikumpulkan di Rumah Kades(Warga Kayuagung saat berkerumun di tepi sungai Komering) IDN Times/istimewa

Ia menegaskan, semua warga yang datang ke lokasi penasaran dan ingin tahu. Namun hanya beberapa orang saja yang menyelam ke Sungai Komering karena mendapatkan harta karun. 

"Temuan dari Sungai Komering ini oleh warga yang mengaku menemukan pertama sekali hanya bentuk emas batangan kecil, dan belum diketahui keasliannya emas apakah bukan. Sedangkan yang lainnya tidak ada," tutupnya.

Baca Juga: Beli Kaos Satreskrim, Pemuda Palembang Ini Jadi Polisi Gadungan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya