Heboh Temuan Harta Diduga Emas, Warga Kayuagung Selami Sungai Komering

Ada pula batangan berwarna kuning gambar Presiden Soekarno

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Warga Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ramai-ramai mendatangi Sungai Komering, tepatnya di bawah Jembatan Tol Desa Arisan Buntal sejak Kamis (10/8/2023).

Kerumunan warga dipicu penemuan harta karun diduga emas oleh beberapa warga setempat. Tidak sedikit dari mereka yang berhasil menemukan benda-benda antik dalam pencarian tersebut.

Warga lainnya ikut mencari harta karun yang tersembunyi di Sungai Komering. Beberapa benda yang ditemukan warga, antara lain, emas dengan gambar Soekarno, mahkota, dan gelang kecak. Warga berkeyakinan beberapa barang antik ini peninggalan zaman kerajaan.

Baca Juga: Marak Temuan Harta Karun, Sungai Musi Bisa Diajukan Jadi Cagar Budaya

1. Warga menggali hingga kedalaman 20 meter

Heboh Temuan Harta Diduga Emas, Warga Kayuagung Selami Sungai Komering(Beberapa contoh harta Karun yang ditemukan di sungai Komering) IDN Times/istimewa

Kehebohan tersebut bermula saat seorang warga bernama Septa menceritakan kedatangan ke lokasi tersebut untuk memberi makan ikan dalam keramba. Saat itu, seorang temannya yang bernama Wawan juga datang dan duduk di dekatnya.

“Pertama kali saya melihat ada sesuatu yang muncul. Awalnya saya kira itu adalah kawat, tetapi saat saya dan Wawan turun ke bawah, kami menyadari itu adalah mahkota yang timbul dari dalam air,” ujarnya, Jumat, (11/8/2023).

Mereka lantas menggali hingga kedalaman 20 cm dan berhasil menemukan beberapa benda antik lainnya. Sewaktu mereka menyelam, ternyata memang ada sebuah mahkota dan dibawa ke daratan. 

"Saat benturkan ke besi jembatan terdengar suara nyaring. Karena penasaran saya langsung membasuh barang tersebut. Terlihat mahkota berwarna emas dan saat saya pakai di kepala terasa berat," ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Palembang Bakal Gandeng Penyelam di Sungai Musi, Cari Harta Karun

2. Ada logam batangan gambar Presiden Soekarno

Heboh Temuan Harta Diduga Emas, Warga Kayuagung Selami Sungai Komering(Logam diduga emas yang ditemukan warga di Sungai Komering) IDN Times/istimewa

Setelah penemuannya, Septa menyimpan barang antik itu di bawah jok motor. Ia membagi-bagikan temuannya ke teman atau kerabat. 

"Saya berikan secara cuma-cuma dan tersisa dua saja, yaitu logam batangan bermotif Soekarno dan gelang naga," ungkapnya.

Tidak berselang lama, baru foto-foto barang itu viral dan menyebar luas di media sosial. Dirinya pun kaget ternyata warga lain menemukan harta diduga emas, hingga ikut mencari ke dasar Sungai Komering.

Bahkan ada yang sudah membawa beberapa temuan ini ke Tulung Selapan untuk diperiksa apakah benda-benda tersebut terbuat dari emas atau bukan.

3. Camat belum pastikan keaslian barang yang ditemukan

Heboh Temuan Harta Diduga Emas, Warga Kayuagung Selami Sungai Komering(Warga Kayuagung yang menyelami sungai Komering) IDN Times/istimewa

Camat Kayuagung, Iskandar menuturkan, warga yang berpartisipasi dalam pencarian di sungai atau yang ingin melihat langsung diminta tetap berhati-hati.

“Jangan mengganggu lalu lintas dan meresahkan masyarakat lain. Selain itu, belum pasti apakah barang-barang yang ditemukan memiliki nilai berharga, perlu pemeriksaan lebih lanjut,” tegasnya.

4. Kerumunan warga timbulkan kemacetan

Heboh Temuan Harta Diduga Emas, Warga Kayuagung Selami Sungai Komering(Warga Kayuagung saat berkerumun di tepi sungai Komering) IDN Times/istimewa

Kapolsek Kota Kayuagung, Iptu Sudiarto, mengonfirmasi bahwa sejumlah orang telah menemukan barang-barang antik. Namun keaslian dari barang-barang tersebut masih belum dapat dipastikan.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar tidak memaksakan diri mencari barang antik tersebut. Mengingat kegiatan ini telah menimbulkan kemacetan dan kerumunan di lokasi,” ucapnya.

Baca Juga: Mengecek Fakta Harta Karun Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya