Lalu Lintas Tol Trans Sumatra Bakal Naik 24 Persen Jelang Nataru

Tol Indraprabu belum berlakukan tarif alias masih gratis

Intinya Sih...

  • Tol Indraprabu masih gratis, belum diberlakukan tarif selama libur Nataru.
  • Hutama Karya akan mengoperasikan 589 kilometer JTTS yang terdiri dari sembilan ruas bertarif.
  • Imbauan kepada pengguna jalan agar berkendara sesuai tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol.

Ogan Ilir, IDN Times - Menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 mendatang, Hutama Karya memastikan kesiapan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) demi menghadapi peningkatan volume kendaraan.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, memprediksi ada peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) yang akan melintas di JTTS selama libur Nataru 2023/2024.

"Prediksinya meningkat sekitar 24 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal," ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2023).

Baca Juga: Jelang Nataru, Hutama Karya Perbaiki Tol Terpeka Hingga Desember

1. Hutama Karya sebagai operator JTTS

Lalu Lintas Tol Trans Sumatra Bakal Naik 24 Persen Jelang Nataru(Ruas tol Palembang-Indralaya) IDN Times/Yuliani

Selama arus libur Nataru mendatang, Hutama Karya akan mengoperasikan 589 kilometer JTTS yang terdiri dari sembilan ruas bertarif.

Sembilan ruas tersbut yakni Terbanggi Besar-Kayuagung 189 kilometer, Palembang-Indralaya 21,93 kilometer, Bengkulu-Taba Penanjung 17,8 kilometer, Pekanbaru-Dumai 131 kilometer, dan Pekanbaru-Bangkinang 31 kilometer.

Kemudian ruas Tol Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) 11 kilometer, Sigli-Banda Aceh (Seulimeum-Blang Bintang) 35,85 kilometer, serta dua ruas tol yang berada di Pulau Jawa yaitu Tol JORR-S 14,25 kilometer dan akses Tanjung Priok 11,4 kilometer.

Baca Juga: Sejuta Pemudik Bakal Masuk Sumsel Jelang Nataru, 1,4 Juta Keluar

2. Tarif tol Indralaya-Prabumulih masih gratis

Lalu Lintas Tol Trans Sumatra Bakal Naik 24 Persen Jelang Nataru(Salah satu ruas Tol Trans Sumatra) IDN Times/istimewa

Hal ini juga termasuk lima ruas yang masih belum bertarif atau gratis, yaitu Tol Indralaya-Prabumulih 64,5 kilometer, Binjai-Langsa (Stabat-Kuala Bingai) 8 kilometer, Indrapura-Lima Puluh 15 kilometer, Sigli-Banda Aceh (Blang Bintang-Baitussalam) 12,7 kilometer ,dan ruas Indrapura-Tebing Tinggi 26,23 kilometer yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas).

"Libur Nataru ini tol Indralaya-Prabumulih di Sumatra Selatan masih gratis, belum diberlakukan tarif," ungkap Koentjoro.

3. Pengendara diminta atur kecepatan di dalam tol

Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar berkendara sesuai tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol. 

Seperti di Tol Indralaya Prabumulih, berkendara dengan kecepatan minimum 60 kilometer per jam dan maksimum 80 kilometer per jam, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. 

"Apabila lelah, mengantuk, pengguna Tol Indralaya-Prabumulih silakan beristirahat di rest area kilometer 56A (ruas Indralaya menuju Prabumulih) dan kilometer 56B (Prabumulih menuju Indralaya)," pesannya.

Baca Juga: Livina Hantam Grand Max di Pintu Tol Prabumulih Terekam CCTV

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya