Kemenhub Bakal Tambah Rute Feeder LRT ke Unsri Indralaya

Saat ini sudah tersedia 7 rute feeder LRT dengan 58 armada

Palembang, IDN Times - Kementerian Perhubungan  akan menambah jumlah angkutan pengumpan Light Rail Transit (Feeder LRT) jurusan kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) di Indralaya.

Penambahan Feeder LRT disampaikan pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menerima lawatan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, ke Terminal Alang-Alang Lebar belum lama ini.

Usulan ini termasuk dalam rangka mempermudah akses mahasiswa Unsri. Pemprov Sumsel bahkan siap mengucurkan anggaran untuk memperbaiki angkutan bagi mahasiswa.

Baca Juga: Pengelola LRT Palembang Ditarget Penuhi 4 Juta Penumpang Tahun Ini

1. Rute baru dibuka jika banyak potensi penumpang

Kemenhub Bakal Tambah Rute Feeder LRT ke Unsri IndralayaAngkot feeder musi LRT di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub berupaya melayani feeder beberapa daerah untuk jumlah penumpang LRT.

“Rencananya kita juga akan buka feeder angkutan mahasiswa Unsri di Indralaya,” ujarnya.

Baca Juga: Naik Feeder LRT Palembang Gratis Hingga 2023, Catat Rutenya!

2. Rangkul pengemudi menjadi sopir feeder

Kemenhub Bakal Tambah Rute Feeder LRT ke Unsri Indralaya(Angkot feeder LRT Musi Emas) IDN Times/Istimewa

Namun Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan jika pihaknya memerlukan kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan BUMN. 

“Agar feeder bisa menuju Unsri, saya telah bicara dengan Rektor,” tegasnya.

Ia memastikan rencana feeder tambahan tidak akan mengganggu sopir bus yang selama ini sudah ada. Apabila feeder Unsri telah terealisasi, Kemenhub tetap akan merangkul sopir bus yang melayani mahasiswa dengan menjadikan mereka sopir feeder.

3. Feeder LRT baru tersedia 7 rute di Palembang

Kemenhub Bakal Tambah Rute Feeder LRT ke Unsri Indralaya(Angkot feeder LRT Musi Emas) IDN Times/Istimewa

Pada awalnya Feeder LRT hanya melayani dua koridor, yaitu Talang Kelapa-Talang Buruk via Stasiun Asrama Haji dan Stasiun Asrama Haji-Sematang Borang via Jalan Noerdin Pandji.

Akhir tahun 2022 lalu, Kemenhub telah membuka lima rute baru. Meliputi Stasiun LRT Polresta Palembang-Kompleks OPI, Stasiun LRT RSUD-Sukawinatan, Stasiun LRT Asrama Haji-Talang Betutu, Stasiun LRT DJKA-Terminal Pasar Plaju, serta Kamboja-Bukit Siguntang via Stasiun Demang. 

Hingga saat ini, rute feeder LRT melayani tujuh rute dengan jumlah armada sebanyak 58 unit demi mempermudah warga Kota Palembang mengakses LRT.

Baca Juga: Sopir Feeder LRT Palembang Akui Lebih Nyaman Naik Transportasi Umum

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya