Naik Feeder LRT Palembang Gratis Hingga 2023, Catat Rutenya!

Penumpang angkot feeder LRT mencapai 1.600 orang per hari

Palembang, IDN Times - Transportasi angkutan umum penghubung stasiun LRT di Palembang atau feeder LRT, masih bisa dinikmati masyarakat secara gratis. Penumpang angkot dengan fasilitas AC itu tidak dipungut biaya hingga tahun 2023.

"Penumpang LRT Palembang masih bisa naik feeder gratis di rute tambahan dari sejumlah koridor," ujar Staf Operasional dan Personalia PT Transportasi Global Mandiri, Maudy Fadhilah, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Sopir Feeder LRT Palembang Akui Lebih Nyaman Naik Transportasi Umum

1. Ada 5 rute koridor gratis hingga awal 2023

Naik Feeder LRT Palembang Gratis Hingga 2023, Catat Rutenya!Menhub Budi Karya tinjau LRT. (Dok. Kementerian Perhubungan)

Feeder LRT Palembang yang masih gratis berada di lima koridor, yakni koridor 3 (Asrama Haji-Talang Betutu), koridor 4 (Polresta-Perum OPI), koridor 5 (Stasiun DJKA-Tegal Binangun), koridor 6 (Stadion RSUD-Sukawinatan), koridor 7 (Bukit-Stadion Kamboja via Stadion Bumi Sriwijaya).

"Sampai awal tahun gratis. Tapi tidak menutup kemungkinan terus gratis. Sekarang masih dalam proses kajian," kata dia.

Baca Juga: LRT Palembang Kembali Dikritik Habiskan Uang Negara Rp199 Miliar

2. Penumpang angkot feeder LRT mencapai 1.600 orang

Naik Feeder LRT Palembang Gratis Hingga 2023, Catat Rutenya!Angkot feeder musi LRT di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dalam sehari penumpang feeder LRT Palembang mencapai 1.600 orang dengan 600 di antaranya merupakan penumpang yang terintergritas menggunakan transportasi LRT. Sedangkan 40 persen dari total penumpang feeder merupakan penumpang yang baru mencoba LRT.

"Feeder adalah penyokong penumpang ke LRT. Kurang lebih 40 persen dari jumlah penumpang feeder koridor 3-7 itu adalah penumpang LRT," jelasnya.

3. Beberapa koridor feeder LRT sudah berbayar

Naik Feeder LRT Palembang Gratis Hingga 2023, Catat Rutenya!Jembatan Ampera (Instagram.com/attarghifari)

Maudy mengatakan, penumpang paling mendominasi yang menggunakan feeder adalah mahasiswa dan anak-anak sekolah. Apalagi di pangkalan koridor 7 yang berada di kawasan Kamboja yang dikelilingi instansi pendidikan.

"Tapi ada beberapa koridor yang tidak lagi gratis untuk umum. Koridor 1 dan 2 di sekitar Talang Kelapa-Talang Buruk-Asrama Haji dan Sematang Borang dengan tarif Rp4 ribu per perjalanan. Namun untuk anak sekolah maksimal SMA dan difabel tetap gratis, tetapi harus menggunakan scan barcode," kata dia.

Baca Juga: Naik Angkot Feeder LRT Mulai Bayar Rp4 Ribu

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya