Jembatan Gantung Putus Diterjang Rumpun Bambu, Warga 1 Desa Terisolir

Bupati Muratara jamin pembangunan jembatan akan dipercepat

Intinya Sih...

  • Jembatan gantung di Desa Batu Gajah, Musi Rawas Utara terputus akibat hanyutan rumpun bambu pada Sabtu (30/12/2023) pukul 17.45 WIB.
  • Ratusan kepala keluarga di Desa Batu Gajah menjadi terisolasi karena tak ada akses lain untuk keluar perkampungan mereka.
  • Bupati Muratara, Devi Suhartoni, memastikan pembangunan jembatan gantung yang baru akan dilakukan segera setelah berembuk bersama masyarakat dan pihak-pihak terkait.

Musi Rawas Utara, IDN Times - Jembatan gantung yang terletak di Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), terputus akibat diterjang rumpun bambu yang hanyut. 

Jembatan gantung yang melintas di atas sungai Rupit itu putus pada Sabtu (30/12/2023) pukul 17.45 WIB. Jembatan ini merupakan akses satu-satunya bagi masyarakat yang menghubungkan antara Desa Batu Gajah dan Desa Batu Gajah Baru.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Memutus Total Jalan Lintas Sumbar-Riau

1. Jembatan putus dihantam rumpun bambu hanyut

Jembatan Gantung Putus Diterjang Rumpun Bambu, Warga 1 Desa Terisolir(Jembatan gantung penghubung dua desa di Muratara yang putus karena ditabrak rumpun bambu hanyut) IDN Times/istimewa

Kronologi putusnya jembatan gantung itu bermula saat rumpun bambu cukup besar hanyut dari hulu sungai. Saat kejadian, debit air Sungai Rupit sedang naik, sehingga kondisinya sudah sangat dekat dengan lantai jembatan.

Bahkan antara jembatan gantung dan air sungai diperkirakan tinggal setengah meter lagi. Rumpun bambu pun menghantam jembatan gantung yang terbuat dari plat besi.

Akibat dari terputusnya jembatan gantung tersebut, ada ratusan kepala keluarga (KK) dalam satu desa menjadi terisolasi. Masyarakat yang terisolasi adalah warga Desa Batu Gajah karena tak ada akses lain untuk keluar perkampungan mereka.

Baca Juga: Bencana Intai Bantaran Sungai dan Lereng Gunung di Wilayah Sumsel

2. Bupati jamin segera bangun jembatan baru

Jembatan Gantung Putus Diterjang Rumpun Bambu, Warga 1 Desa Terisolir(Warga gunakan perahu akibat jembatan gantung penghubung dua desa di Muratara yang putus karena ditabrak rumpun bambu hanyut) IDN Times/istimewa

Bupati Muratara, Devi Suhartoni, memastikan jembatan gantung terputus di Desa Batu Gajah akan dibangun yang baru. Hal ini dipastikan saat dirinya turun langsung meninjau jembatan gantung yang putus akibat dihantam rumpun bambu tersebut, Minggu (31/12/2023) pagi.

"Jembatan ini sangat penting, keluarga kita semua di seberang itu susah, nanti kita bangun yang baru," ujar Devi.

3. Lokasi jembatan baru masih akan dirembukkan

Jembatan Gantung Putus Diterjang Rumpun Bambu, Warga 1 Desa Terisolir(Bupati Muratara, Devi Suhartoni) IDN Times/istimewa

Devi menjamin bahwa pembangunan jembatan gantung yang baru akan dilakukan segera karena mendesak. Mengenai apakah akan dibangun di tempat yang sama atau di lokasi lain, pihaknya akan berembuk bersama masyarakat dan pihak-pihak terkait.

"Jembatan gantung yang baru nantinya akan dibangun dengan perencanaan yang matang, sehingga kejadian serupa tak terulang kembali. Nanti kita akan berembuk dulu, tokoh-tokoh masyarakat dari seberang sini dan seberang sana kita ajak bicara, bermusyawarah dan semua harus bersepakat," jelasnya.

Baca Juga: Wilayah Barat Sumsel Jadi Perhatian Potensi Bencana Hidrometeorologi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya