Wilayah Barat Sumsel Jadi Perhatian Potensi Bencana Hidrometeorologi

Total ada sembilan wilayah yang dipetakan rawan bencana

Palembang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatra Selatan (BPBD Sumsel) telah memetakan wilayah bagian barat sebagai daerah yang rentan terjadi bencana alam. Total ada sembilan wilayah yang diminta meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan.

Kesembilan wilayah itu adalah Empat Lawang, Pagar Alam, Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur. Lalu Musi Rawas (Mura), Muratara, dan Lubuk Linggau.

"Kerentanan itu berasal dari faktor geografis (perbukitan)," ungkap Kepala BPBD Sumsel, M Iqbal Alisyahbana, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga: BMKG Minta Pengendara Waspada Penurunan Jarak Pandang Saat Hujan

1. Faktor lain yang perlu diantisipasi

Wilayah Barat Sumsel Jadi Perhatian Potensi Bencana HidrometeorologiIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain faktor geografis, Iqbal juga mengatakan jika selama musim kemarau yang lalu banyak tumbuhan mati karena kekeringan yang disebabkan El Nino. Kondisi ini perlu diantisipasi mengingat tumbuhan merupakan faktor penting membantu penyerapan air.

"Kita sudah menyampaikan pemberitahuan ini kepada kabupaten dan kota, termasuk imbauan yang dikeluarkan BMKG soal peringatan dini," jelas dia.

Baca Juga: 1 Keluarga di OKU Selatan Nyaris Tewas Saat Rumahnya Tertimpa Pohon

2. Pemprov Sumsel belum keluarkan status menghadapi bencana

Wilayah Barat Sumsel Jadi Perhatian Potensi Bencana HidrometeorologiIlustrasi Bencana (IDN Times/Sukma Shakti)

Pemprov Sumsel katanya akan memantau terlebih dahulu perkembangan situasi di lapangan untuk menghadapi kemungkinan bencana alam sebelum menaikan status penanganan. BPBD pun memastikan personel dan peralatan di lapangan bisa cepat tanggap untuk menjangkau wilayah rawan bencana.

"Sejauh ini juga kita senantiasa memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal-hal antisipasi dalam menghadapi musim hujan," jelas dia.

3. Anggaran diserahkan ke masing-masing instansi

Wilayah Barat Sumsel Jadi Perhatian Potensi Bencana HidrometeorologiApel kesiapsiagaan dan pengecekan alat dan personel menghadapi musim hujan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan untuk pos anggaran Sumsel yang akan digunakan nanti  dalam mengantisipasi bencana alam, Iqbal menyebut diserahkan kepada masing-masing instansi mulai dari Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta BPBD di daerah.

Menurutnya penggunaan anggaran bakal akan menyesuaikan kondisi bencana di suatu wilayah. "Untuk perhitungannya akan kita data lagi lebih lanjut," tutup dia.

Baca Juga: Pemkot Tebang Pohon Tua, Antisipasi Tumbang Akibat Angin Kencang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya