Jalur Pendakian Gunung Dempo Nyaris Terbakar Akibat Ulah Pendaki Nakal

Brigade kini telusuri daftar pendaki sebelum kebakaran

Pagar Alam, IDN Times - Diduga ulah oknum pendaki nakal, jalur pendakian Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan (Sumsel) nyaris terbakar. Hal ini lantaran adanya api membakar pohon besar di dekat pintu rimba shelter 1.

Akibatnya, pohon tersebut nyaris roboh karena sebagian batang sudah terbakar. Untungnya, titik api terpantau oleh anggota Balai Registrasi Gunung Dempo (Brigade) Kota Pagar Alam ketika melakukan patroli di jalur pendakian.

Baca Juga: 2 Kuota Penjaga Tahanan Lapas Wanita Palembang Direbut Ribuan CASN 

1. Diduga pendaki lalai padamkan api

Jalur Pendakian Gunung Dempo Nyaris Terbakar Akibat Ulah Pendaki Nakal(Potongan video yang memperlihatkan jalur Dempo terbakar) IDN Times/istimewa

Ketua Brigade Arindi mengatakan, ada anggotanya menemukan satu pohon besar sudah dalam kondisi terbakar di bagian bawah. Api tersebut kemudian langsung dipadamkan untuk mencegah pohon tersebut mati serta menyambar ke jalur pendakian.

"Benar ada pohon yang terbakar di jalur pendakian. Kebakaran ini diduga disebabkan oleh oknum pendaki lalai tidak memadamkan api di sekitar jalur tersebut,” ujar Arindi, Rabu (15/11/2023).

2. Brigade telusuri data registrasi pendaki ke puncak

Jalur Pendakian Gunung Dempo Nyaris Terbakar Akibat Ulah Pendaki Nakalilustrasi api unggun (IDN Times/Mardya Shakti)

Arindi menjelaskan, pihaknya saat ini sedang mencari siapa oknum pendaki yang menyalakan api dan tidak memadamkannya saat meninggalkan lokasi.

"Kita masih mencari data registrasi pendaki yang naik puncak saat terjadinya kebakaran tersebut. Hal ini untuk bisa memberikan sanksi dan teguran kepada oknum pendaki tersebut," tegasnya.

3. Kelalaian pendaki berakibat dampak buruk bagi ekosistem

Jalur Pendakian Gunung Dempo Nyaris Terbakar Akibat Ulah Pendaki NakalGunung Dempo di Pagaralam, Sumatera Selatan. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Arindi berharap kepada seluruh pendaki yang naik puncak Dempo untuk berhati-hati saat menyalakan api di jalur dan lokasi camping. Jika sudah meninggalkan lokasi agar tidak lupa memadamkan api.

"Jangan sampai akibat kelalaian berdampak buruk untuk seluruh ekosistem di Gunung Dempo akibat hutannya terbakar karena pendaki yang tidak memadamkan api," tutupnya.

Baca Juga: Masih Pakai Mukena, Lansia Dibunuh Saat Salat Zuhur

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya