Hujan Deras di Empat Lawang Sebabkan Banjir dan Jembatan Ambruk

Warga harus memutar cukup jauh untuk melintasi jembatan lain

Empat Lawang, IDN Times - Hujan yang menguyur Kabupaten Empat Lawang, Sumatra Selatan (Sumsel), sejak Kamis malam hingga Jumat pagi, mengakibatkan jembatan dan beberapa desa terendam banjir, Jumat (9/12/2022).

Dilaporkan sejumlah sungai pun meluap. Beberapa kawasan yang mengalami banjir yakni di Desa Batu Raja Baru, Kecamatan Tebing Tinggi.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Pemkot Palembang Siapkan Satgas Banjir

1. Hujan deras akibatkan sungai meluap

Hujan Deras di Empat Lawang Sebabkan Banjir dan Jembatan Ambruk(Jembatan Beton yang membentang di atas Sungai Ayek Deras, Desa Tanjung Raman Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang yang ambruk) IDN Times/Istimewa

Jembatan beton yang membentang di atas Sungai Ayek Deras, Desa Tanjung Raman Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, ambruk pada Jumat (9/12/2022) sekitar pukul 03.00 WIB.

Jembatan dengan panjang diperkirakan lebih dari 46 meter tersebut ambruk akibat luapan air sungai. Hujan semalaman yang terjadi di wilayah Kecamatan Pendopo memang membuat debit air meluap.

Baca Juga: Berteduh Saat Hujan, Mahasiswi di Sumsel Tewas Disambar Petir

2. Jembatan akses penghubung dua kecamatan

Hujan Deras di Empat Lawang Sebabkan Banjir dan Jembatan Ambruk(Kondisi banjir di Empat Lawang) IDN Times/Istimewa

Waton, seorang warga Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, meyebut jembatan tersebut sebagai akses warga untuk melintas di jalan penghubung antara Kecamatan Pendopo dengan Kecamatan Pasemah Air Keruh.

"Sebenarnya ada jembatan alternatif lain yakni lewat jembatan di Desa Nanjungan. Tapi ini menyebabkan warga yang biasa melintas di sini menjadi memutar cukup jauh," ujarnya.

3. Bronjong juga ambruk karena sungai meluap

Hujan Deras di Empat Lawang Sebabkan Banjir dan Jembatan AmbrukIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Tidak hanya jembatan yang ambruk, Bronjong yang baru dibangun melalaui APBD provinsi juga ambruk sebagian karena diterjang sungai yang meluap.

"Kalau jembatan itu memang sudah cukup tua karena dibangun era 80-an. Namun bronjong itu yang baru dibangun," jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Palembang Janji Tertibkan 235 Bangunan Potensi Sebabkan Banjir 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya