Comscore Tracker

Curah Hujan Tinggi, Pemkot Palembang Siapkan Satgas Banjir

Satgas bersiaga 24 jam mengawasi permukiman dan jalan

Palembang, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Palembang memprediksi curah hujan tinggi akan terus terjadi selama sepekan ke depan. Hujan diprakirakan turun dengan intensitas sedang hingga lebat.

Demi mencegah terjadinya banjir akibat curah hujan tinggi itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyiagakan dan menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) Banjir.

"Satgas ini menghadapi peningkatan curah hujan yang berpotensi menimbulkan genangan air," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Sungai Keruh Meluap, 53 Rumah Warga di Muba Terendam Banjir

1. Satgas banjir melibatkan berbagai dinas

Curah Hujan Tinggi, Pemkot Palembang Siapkan Satgas BanjirSekda Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Satgas tersebut difokuskan menangani masalah banjir di permukiman dan jalan protokol. Anggota satgas akan melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dari Pemkot Palembang.

"Kami berharap satgas ini bisa bergerak cepat mengatasi genangan air di sejumlah lokasi yang telah dipetakan, dan membantu masyarakat jika terjadi bencana dampak musim hujan," kata dia.

Baca Juga: Muaratara Dikepung Banjir, Dinkes Siapkan Anti Bisa Ular

2. Permukiman dan jalan dalam pengawasan insentif

Curah Hujan Tinggi, Pemkot Palembang Siapkan Satgas BanjirIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Dewa menjelaskan satgas banjir akan bersiaga 24 jam. Jika sewaktu-waktu hujan lebat turun cukup lama, satgas langsung diturunkan ke lapangan. Hadirnya satgas diharapkan bisa membantu masyarakat mengatasi banjir atau genangan air.

"Prioritas mereka memantau kawasan permukiman serta akses jalan sekitarnya," jelas dia.

3. Daerah rawan genangan air turut jadi fokus satgas

Curah Hujan Tinggi, Pemkot Palembang Siapkan Satgas BanjirSekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Satgas siaga banjir juga diinstruksikan mengawasi sejumlah kawasan rawan banjir secara intensif, dengan memeriksa permukaan air di beberapa saluran.

"Ketika turun hujan lebat baru satgas menentukan langkah-langkah penanggulangan banjir," timpalnya.

4. Pemkot masih gencar gotong-royong saluran air

Curah Hujan Tinggi, Pemkot Palembang Siapkan Satgas BanjirIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Pihaknya juga berupaya menggalakkan gotong-royong bersama warga membersihkan saluran air, sungai, dan anak Sungai Musi dari sampah atau benda lainnya.

"Kegiatan gotong-royong pejabat atau pegawai pemkot bersama masyarakat berjalan baik selama ini. Kami imbau warga waspada dan mengantisipasi agar dapat meminimalisir kerugian harta benda atau korban," kata dia.

Baca Juga: Banjir di Depan Citi Mall Baturaja Nyaris Tenggelamkan Truk

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya