Diduga Tangki Modifikasi, Motor Terbakar di SPBU Usai Isi Pertalite

Akibat kejadian ini, operasional SPBU dihentikan sementara

Lubuk Linggau , IDN Times - Satu unit sepeda motor Suzuki Thunder dilaporkan terbakar. Itu usai mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite di SPBU Nanan, Jalan Fatmawati atau Lingkar Selatan, Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuk Linggau, Sumatra Selatan (Sumsel).

Diketahui motor dengan tangki modifikasi tersebut terbakar pada Senin (9/1/2023) sekitar pukul 13.30 WIB. Akibat kejadian itu, motor hangus terbakar dan pemilik motor diamankan untuk dimintai keterangan.

Baca Juga: Belum Lama Dipasang, Kamera ETLE di Lubuk Linggau Hendak Dicuri

1. Motor terbakar saat pemilik nyalakan mesin usai isi bensin

Diduga Tangki Modifikasi, Motor Terbakar di SPBU Usai Isi Pertalite(Lokasi motor yang terbakar di SPBU Lubuk Linggau) IDN Times/Istimewa

Kronologi kejadian, pemilik sepeda motor seperti biasa antre di dispenser Pertalite. Kemudian dilayani pegawai SPBU bernama Putri Ayu Agustini (20).

Setelah mengisi BBM Pertalite, pengendara sepeda motor langsung menyalan mesin sepeda motornya. Namun sepeda motornya justru terbakar. Lokasi sepeda motor terbakar, tidak jauh dari dispenser bahkan masih di bawah atap SPBU.

Api cepat membesar dan membubung hingga ke atap atau langit-langit SPBU. Sehingga kemungkinan ada jaringan listrik dan CCTV terkena imbasnya.

Selanjutnya oleh petugas SPBU, api dipadamkan menggunakan Alat Pemadan Api Ringan (APAR). setelah itu, pemilik motor membawa kendaraannya pulang.

2. Polisi amankan kendaraan motor dan periksa pemiliknya

Diduga Tangki Modifikasi, Motor Terbakar di SPBU Usai Isi Pertalite(Lokasi motor yang terbakar di SPBU Lubuk Linggau) IDN Times/Istimewa

Usai kejadian Kapolres Lubuk Linggau, AKBP Harissandi beserta Kapoksek juga pihak Pertamina Rayon 4 Lubuk Linggau langsung meninjau lokasi. 

Kapolres mengatakan, saat ini pihaknya terus menyelidiki pemicu awal kebakaran ini. Mulai dari bagian teknis, manajer dan pembelinya.

"Usai kejadian pembeli dan kendaraannya langsung pulang. Saya perintahkan anggota untuk segera menjemput dan mengamankan ke polres untuk melakukan pemeriksaan," ujarnya Selasa (10/1/2023). 

Pihaknya belum bisa memastikan apakah motor tersebut benar menggunakan tangki dimodifikasi atau tidak. Namun, apabila terjadi tindak pidana akan diproses, sesuai undang-undang. 

"Intinya kita akan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Ini baru keterangan saja, masih kita selidiki," katanya.

3. Operasional SPBU dihentikan sementara pascamotor terbakar

Diduga Tangki Modifikasi, Motor Terbakar di SPBU Usai Isi Pertalite(Lokasi motor yang terbakar di SPBU Lubuk Linggau) IDN Times/Istimewa

Sales Branch Manager Rayon 4 Pertamina Sumbagsel, M Tsaqif Fauzan mengatakan, pascakejadian tersebut, untuk sementara operasional SPBU dihentikan. 

"Sebab kita mau clearkan dulu, dan juga akan mengecek dulu kelistrikan yang ada," jelasnya. 

Ia menambahkan, kejadian tersebut menjadi pelajaran, terutama untuk motor yang setelah selesai mengisi seharusnya maju dulu keluar area pengisian minimal 2-3 meter, sebelum menghidupkan mesin.

"Kita belum tahu, sampai kapan mulai operasi lagi. Tergantung berapa lama recovery-nya nanti. Belum bisa jawab kapan bisa beroperasi lagi," jelasnya

Baca Juga: Cemburu Gebetannya Diambil, Pemuda di OKI Bunuh Tetangga  

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya