Berlagak Gangster, Remaja Prabumulih Tawuran Sambil Live Medsos

Para pelaku berstatus masih sekolah dan putus sekolah

Prabumulih, IDN TimesTawuran sembari menyiarkan langsung atau Live di media sosial (medsos) pada siang hari bolong di Kota Prabumulih, dilakukan oleh sekelompok remaja hungga membuat publik resah. Para remaja tawuran ini akhirnya diringkus tim Gurita Satreskrim Polres Prabumulih setelah videonya viral. 

Total pelaku yang tertangkap kamera ETLE di jalan protokol Kota Prabumulih itu berjumlah enam orang berboncengan menggunakan dua sepeda motor. Namun pelajar yang tertangkap baru lima orang yakni berinisial EK (17), RN (17), AP (17), RA (17) dan RD (17). 

Dari kelima pelaku tawuran ini, tiga di antaranya berstatus sebagai pelajar dan sisanya ada yang sudah lulus dan tidak tamat sekolah.

Sedangkan korbannya masih berstatus pelajar dan masih mengenakan seragam sekolah. Mereka adalah yakni RRP (15), RSF (15) dan RS (15).

Baca Juga: Pemuda Palembang Dikeroyok Hingga Lengan Hampir Putus Saat Nongkrong

1. Bermula dari cekcok antara korban dan pelaku

Berlagak Gangster, Remaja Prabumulih Tawuran Sambil Live Medsos(Pelaku tawuran remaja di kota Prabumulih saat diamankan polisi) IDN Times/istimewa

Kabag Ops Polres Prabumulih, AKP Bobby Eltarik, mengatakan peristiwa itu terjadi di depan klinik Fadilah, Jalan Padat Karya, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Kamis (30/11/2023) pukul 13.30 WIB.

"Korban yang melapor ada tiga orang berusia 15 tahun masih pelajar. Setelah viral di medsos, tim langsung melakukan upaya penyelidikan dan penyidikan hingga akhirnya berhasil meringkus lima pelaku," ujarnya.

Kronologis tawuran bermula saat pelaku berada di Jalan Nigata sedang nongkrong dan duduk-duduk bersama temannya. Kemudian didatangi oleh pihak korban di TKP. Pihak korban terlihat cekcok dengan pihak tersangka. Keributan sempat dilerai oleh masyarakat setempat sehingga korban membubarkan diri.

"Para pelaku ini berusaha mengejar mulai dari Jalan Nigata hingga ke Jalan Padat Karya menggunakan dua sepeda motor. Seorang pelaku ada yang membawa balok kayu dan sajam jenis celurit," ungkapnya.

Baca Juga: Tawuran Remaja di Palembang Menewaskan Satu Orang

2. Motor korban dipepet pelaku kemudian langsung dianiaya

Berlagak Gangster, Remaja Prabumulih Tawuran Sambil Live Medsos(Pelaku tawuran remaja di kota Prabumulih saat diamankan polisi) IDN Times/istimewa

Setelah berada di Padat Karya, motor korban sempat terkejar sehingga pelaku mengayunkan kayu. Walau sempat mengelak, namun korban sempat oleng dan terjatuh dari kendaraan.

"Korban mengalami luka lecet, keseleo, dan patah gigi depan. Ia sudah dibawa ke rumah sakit untuk visum," terangnya.

Keempat pelaku berhasil diamankan di rumah masing-masing. Sedangkan seorang pelaku yakni RD hendak meninggalkan Prabumulih dan ditangkap di RM Pagi Sore, Kabupaten Ogan Ilir.

3. Pelaku membawa sajam jenis celurit sambil live streaming

Berlagak Gangster, Remaja Prabumulih Tawuran Sambil Live Medsos(Pelaku tawuran remaja di kota Prabumulih saat diamankan polisi) IDN Times/istimewa

Kasat Reskrim Polres Prabumulih, Iptu Mas Suprayitno menambahkan, 3 pelaku masih berstatus pelajar, 1 pelaku sudah putus sekolah, dan 1 pelaku lain sudah lulus sekolah.

"Mereka ini berjanji di medsos untuk bertemu. Salah satu pelaku pembawa celurit sekaligus live medsos sudah berhasil diamankan," ucapnya.

Kasat Reskrim mengimbau kepada seluruh pemuda khususnya pelajar tidak melakukan tawuran yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain. 

"Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 80 ayat 2 UU nomor 35/2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23/2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman kurungan penjara kurang lebih 5 tahun," tegasnya.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Mengaku Kesal Sering Ditantang Duel oleh Korban

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya