Alasan Jaga Diri, Polres Muba Amankan 9 Orang Pemilik Senpi Ilegal

Puluhan senpi laras panjang dan pendek serta amunisi disita

Musi Banyuasin, IDN Times - Polres Musi Banyuasin (Muba) kembali menyita puluhan senjata api (senpi) ilegal dari Operasi Senpi Musi 2022. Kegiatan yang berlangsung selama 16 hari sejak Februari 2022 itu, berhasil mengamankan sembilan orang tersangka karena kedapatan.

Polisi juga mengamankan sembilan pucuk senpi dengan dua target operasi, serita tujuh non target. Sedangkan ada 14 pucuk senpi yang diserahkan masyarakat.

1. Senpi laras panjang dan pendek berhasil disit

Alasan Jaga Diri, Polres Muba Amankan 9 Orang Pemilik Senpi Ilegalunsplash.com/Max Kleinen

Kapolres Muba, AKBP Alamsyah Pelupessy mengatakan, senpi yang diamankan berupa tujuh pucuk laras pendek, 16 pucuk laras panjang, empat butir amunisi senjata laras panjang, dan tujuh butir amunisi senjata laras pendek.

Karena menyimpan senpi secara ilegal, para tersangka dijerat dengan pasal 1 ayat (1) UU darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Baca Juga: Polres Muba Ringkus 3 Pelaku Pemilik Senpi Ilegal dalam Sepekan

2. Pelaku beralasan untuk jaga diri

Alasan Jaga Diri, Polres Muba Amankan 9 Orang Pemilik Senpi Ilegal( Ilustrasi Senpi ilegal) IDN Times/Candra Irawan

Saat diinterogasi, pelaku mengaku jika menyimpan senpi untuk alasan menjaga diri dan tidak pernah digunakan untuk tindak kejahatan.

"Walaupun pengakuan para pelaku bahwa senpi tersebut digunakan untuk menjaga diri, namun hal tersebut tidak kita benarkan,” tegasnya.

3. Warga yang serahkan senpi sukarela tak diproses hukum

Alasan Jaga Diri, Polres Muba Amankan 9 Orang Pemilik Senpi Ilegal(Ilustrasi senjata api) IDN Times/Istimewa

Selain menindak dan mengimbau, masyarakat yang memiliki senpi diminta menyerahkan ke kantor polisi terdekat agar tak diproses secara hukum.

"Kita menjamin masyarakat yang menyerahkan senpi ke kantor polisi tidak akan diproses secara hukum. Namun sebaliknya, jika tidak mau menyerahkan akan ditindak," terangnya.

Baca Juga: 2 Pemuda Ditangkap Hendak COD Senpi Rakitan di Rusun Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya