Pemkot Tebang Pohon Tua, Antisipasi Tumbang Akibat Angin Kencang

Pj Wako Palembang tinjau sejumlah titik rawan genangan air

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berusaha mengantisipasi bencana saat hujan turun. Berdasarkan prediksi BMKG, Kota Pempek mulai memasuki musim penghujan hingga intensitas deras sampai awal 2024.

"Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, beberapa pohon yang sudah mati sengaja kita tebang menghindari tumbang karena hujan deras dan angin kencang," ujar Pj Wako Palembang, Ratu Dewa, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Pemkot Sebut Banjir di Palembang Akibat Kesalahan Masyarakat

1. Pj Wako dan Sekda berkeliling cek lokasi rawan genangan

Pemkot Tebang Pohon Tua, Antisipasi Tumbang Akibat Angin KencangPJ Wako Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Selain menebang pohon-pohon dengan akar yang sudah tak kokoh karena usia, Pemkot juga terus berupaya membersihkan saluran air agar genangan air dan banjir tidak terjadi.

"Karena curah hujan yang cukup tinggi, maka saya bersama Pak Sekda dan Kepala Dinas PUPR keliling untuk meninjau lokasi rawan genangan," kata dia.

Baca Juga: Palembang Masuk Musim Hujan, Pemkot Keruk Drainase dan Anak Sungai

2. Beberapa tempat rawan tergenang air

Pemkot Tebang Pohon Tua, Antisipasi Tumbang Akibat Angin KencangIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Setelah memastikan sejumlah kawasan dan lokasi langganan banjir, Pemkot langsung mengerahkan petugas ke lapangan. Beberapa titik yang diantisipasi tergenang yakni Jalan Veteran hingga Sekip Ujung.

"Kemudian kami melanjutkan tinjauan ke daerah Pasar 16, lalu ke depan SMAN 3, dan beberapa titik lainya," timpal dia.

3. Pemkot Palembang pastikan tak ada genangan air lagi

Selain karena dapat menyebabkan banjir saat hujan deras, angin kencang beberapa hari terakhir di Palembang berpotensi membahayakan pengendara jalan raya.

"Kami memastikan bahwa tidak ada genangan air yang cukup tinggi. Alhamdulillah berkat kesigapan PUPR semua titik-titik yang ada potensi banjir sudah terjaga, termasuk parit-parit dengan genangan yang tidak terlalu lama menahan air," jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Palembang Maksimalkan Sarana dan Prasarana Antisipasi Banjir

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya