Usai Rapid Test di Palembang, Santri Gontor Positif COVID-19 

Rapid Test memprediksi sekitar 60 persen hasil positif

Palembang, IDN Times - Satu dari 206 orang santri dari Pondok Pesantren Modern Gontor, Jawa Timur, dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan Rapid Test di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Namun Tim Gugus Tugas Sumsel masih harus menunggu hasil pemeriksaan lanjutan dengan metode swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri mengungkapkan, para santri itu mudik dari pondok pesantren ke Sumsel. Mereka pun langsung menjalani pemeriksaan.

"Walau hasilnya positif, tapi satu santri ini dinyatakan sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP) dan untuk lainnya negatif. Kita sedang menunggu hasil swab yang bersangkutan," ujar Yusri saat konferensi pers, Senin (13/4).

1. Santri yang positif dalam keadaan sakit

Usai Rapid Test di Palembang, Santri Gontor Positif COVID-19 Santri putri yang di bawa ke ODP Center untuk jalani isolasi (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Yusri menjelaskan, santri yang positif itu datang bersama 11 rekan santri lainnya. Mereka ikut dikarantina di Rumah Sehat, ODP Centre Jakabaring, Palembang, setelah satu temannya dinyatakan positif.

"Santri yang positif juga dalam keadaan sakit dan mengalami beberapa gejala saat ini. Teman-temannya juga di ODP Centre karena sudah berinteraksi dengan yang bersangkutan," ujar Yusri.

Baca Juga: Istri Wawako Prabumulih Pilih Isolasi Mandiri

2. Hasil pemeriksaan swab jadi penentu akhir

Usai Rapid Test di Palembang, Santri Gontor Positif COVID-19 Santri yang tiba di Palembang (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Rencananya sesuai protokol kesehatan para santri akan menjalani isolasi. Jika hasil swab santri menunjukkan hasil positif, maka ke-12 orang itu dilarang untuk kembali ke rumah. Sebaliknya juga, jika hasil swab menunjukkan negatif COVID-19 maka semua santri yang kini berada di Wisma Atlet bisa diperbolehkan pulang.

"Memang rapid test bukan hasil pasti dari pemeriksaan sampel, karena kadar ketepatannya kadang di bawah 60 persen. Masih menunggu hasil pemeriksaan swab," jelas dia.

Baca Juga: Begini Kronologis Istri Wawako Prabumulih Diketahui Positif Corona

3. Sebanyak 6 TKI asal Malaysia tiba di Sumsel melalui jalur darat

Usai Rapid Test di Palembang, Santri Gontor Positif COVID-19 Tenaga kerja terdampak wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Orang Sumsel yang kembali ke daerah bukan hanya mereka para santri. Tercatat ada enam orang tenaga migran lain yang pulang dari Malaysia melalui Bandara Kuala Namu Medan. Mereka melanjutkan perjalanan ke Kota Palembang menggunakan bus.

Namun saat ini mereka berada di RSUD Siti Fatimah Palembang untuk menjalani pemeriksaan. "Sampai sore ini belum ada hasil. Biasanya kalau begitu mereka baik-baik saja artinya dinyatakan sehat," tutup dia.

Baca Juga: Terungkap, Kasus Corona yang Diumumkan Berasal dari Data 6 Hari Lalu  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya