Istri Wawako Prabumulih Pilih Isolasi Mandiri

Tim medis sudah membujuk agar dirawat di RS

Palembang, IDN Times - Istri Wakil Walikota (Wawako) Prabumulih, Reni Indayanim, memilih untuk isolaso mandiri setelah dinyatakan positif terjangkit COVID-19. Suami dari Andriansyah Fikri ini memastikan dirinya dalam keadaan sehat dan dalam pantauan Dinas Kesehatan Prabumulih.

"Untuk pasien kasus 18 di Prabumulih dalam kondisi baik saja dan masih diisolasi di rumah. Kita selalu koordinasi dengan dinas kesehatan setempat setiap hari memantau perkembangan," ungkap Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Corona (COVID-19), Yusri kepada IDN Times, Senin (13/4).

1. Keputusan dirawat di RS di tangan tim medis dan keluarga

Istri Wawako Prabumulih Pilih Isolasi MandiriRuang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Yusri mengungkapkan, pasien 18 sudah dibujuk agar menjalani perawatan di Rumah Sakit. Namun karena bersikap kooperatif dirinya tetap berada di rumah. Tim gugus tugas juga sudah mengedukasi kepada keluarga pasien agar bijak mengambil keputusan untuk kebaikan bersama.

"Dirawat atau tidak kembali pada keputusan kedua pihak, kita dari tim medis dan keluarga pasien," ujar Yusri.

Baca Juga: Begini Kronologis Istri Wawako Prabumulih Diketahui Positif Corona

2. Jumlah PDP dan ODP Sumsel hari ini

Istri Wawako Prabumulih Pilih Isolasi MandiriTes swab COVID-19 di Labkesda Jabar. Dok/Humas Jabar

Sementara itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 lainnya, Nur Purwoko menjelaskan, data jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumsel mencapai 2.123 orang di mana 1.188 orang dinyatakan negatif, dan 635 orang masih dalam tahap pemantauan selama 14 hari.

"Jumlah ODP itu sudah termasuk tambahan 16 orang yang hari ini masuk," jelas dia.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat ada 72 orang, di antaranya terdapat 52 orang dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang. Mereka yang diketagorikan PDP telah melewati pemeriksaan sampel metode swab.

"Masih ada 22 orang yang masih kita rawat dan menunggu hasil swab-nya. Sedangkan untuk penambahan dari hari kemarin ada tiga orang," jelas Nur.

3. Tidak ada penambahan pasien positif

Istri Wawako Prabumulih Pilih Isolasi MandiriTes swab COVID-19 di Labkesda Jabar. Dok/Humas Jabar

Sedangkan untuk sampel yang telah diperiksa oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang, Nur menjelaskan hingga hari ini ada 195 sampel untuk wilayah Sumsel. Sebanyak 18 kasus sebelumnya telah dinyatakan positif COVID-19, sedangkan 89 spesimen dinyatakan negatif. Sisanya 88 sampel masih dalam pemeriksaan lanjutan.

"Hingga hari ini tidak ada penambahan pasien positif di Sumsel. Sedangkan untuk pasien sembuh ada tiga orang, asal Palembang, OKI, dan luar wilayah," tandas dia.

Baca Juga: Tim Medis di Palembang Kewalahan, Periksa 93 Sampel Per Hari

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya