Begini Kronologis Istri Wawako Prabumulih Diketahui Positif Corona

Reni Indayani merupakan pasien ke-18 tanpa gejala

Palembang, IDN Times - Istri Wakil Walikota (Wawako) Prabumulih, Reni Indayani, dipastikan positif COVID-19. Kepastian istri Wawako Prabumulih terjangkit virus corona diungkapkan Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri, Minggu (12/4).  Ternyata Reni merupakan pasien ke-18 yang diumumkan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, pada Jumat lalu (10/4).

Wawako Prabumulih, Andriansyah Fikri mengungkapkan, sang istri ke rumah sakit untuk memeriksa bekas operasi yang ia jalani sebelumnya. Ia juga menjalani pemeriksaan tambahan dengan Swab Test.

Baca Juga: Terungkap, Kasus Corona yang Diumumkan Berasal dari Data 6 Hari Lalu  

1. Dianjurkan swab test karena domisili di zona merah

Begini Kronologis Istri Wawako Prabumulih Diketahui Positif CoronaIlustrasi suasana ruang pemeriksaan tes corona. Monica Felicitas Gracia Fiany for IDN Times

Andriansyah mengatakan, istrinya berencana mengunjungi rumah sakit di Jakarta untuk memeriksa bekas operasi. Namun karena risiko yang besar, ia dan istri mengunjungi RS Siloam Sriwijaya di Palembang.

Pihak RS Siloam Sriwijaya pun merekomendasikan Andriansyah dan istri ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Mohammad Hoesin Palembang, sekaligus swab test karena keduanya berdomisili di zona merah penyebaran COVID-19.

"Masih ada yang harus diperiksa setelah operasi kemarin. Awalnya mau ke Jakarta untuk periksa, tapi terlalu jauh dan riskan. Jadi kita ke Siloam. Tetapi karena Prabumulih zona merah, istri saya langsung diminta ke RSUP saja," jelasnya.

2. Sempat periksa rapid test dan hasilnya negatif

Begini Kronologis Istri Wawako Prabumulih Diketahui Positif CoronaIlustrasi rapid test COVID-19 dengan sistem "drive thru" kepada pengguna kendaraan di Serpong, Tangerang Selatan, Banten (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Setelah pemeriksaan dan hasilnya positif, istri Wawako Prabumulih langsung melakukan karantina mandiri di rumah. Andriansyah mengaku kaget karena dirinya dan keluarga sempat menjalani rapid test dengan hasil negatif.

"Saat rapid test hasilnya negatif. Tapi swab keluar hasil tes hari Jumat dan dinyatakan positif. Kita yakin waktu rapid test saja, kami sekeluarga juga tes," tambah Andriansyah.

Baca Juga: [BREAKING] Istri Wawako Prabumulih Positif Corona

3. Jalani isolasi mandiri di rumah dalam pengawasan rumah sakit

Begini Kronologis Istri Wawako Prabumulih Diketahui Positif CoronaIlustrasi situasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Andriansyah menerangkan, meski diketahui positif keadaan istrinya sekarang dalam keadaan baik. Saat ini istri Wawako menjalani isolasi secara mandiri di kediaman pribadinya di Kota Palembang.

"Jadi waktu positif langsung dikarantina, kami juga isolasi mandiri. Kalau istri di rumah di Palembang sekarang dalam pengawasan dokter. Lima kali sehari video call dengan dokter dan ada alat-alat (medis) yang dititipkan sehingga tahu perkembangan. Kebetulan istri saya juga orang medis, jadi paham juga dengan alat-alat seperti itu," katanya.

Baca Juga: Tim Medis di Palembang Kewalahan, Periksa 93 Sampel Per Hari

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya