UIGM Kampus Terbaik ke-7 di Indonesia Versi THE Impact Ranking

UIGM berencana membuka Fakuktas Kedokteran dalam waktu dekat

Palembang, IDN Times - Kiprah dunia pendidikan di Sumatra Selatan (Sumsel) kian bergeliat. Terbukti Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) berhasil masuk dalam tujuh jajaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023.

UIGM bahkan menjadi universitas terbaik ketiga di Sumatra mengalahkan kampus berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN), seperti Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

"Kita optimis peringkat ini akan terus membaik di waktu ke depan. Untuk mencapai itu, kita akan terus berinovasi memberi terobosan lewat dunia pendidikan, agar bermanfaat bagi masyarakat Sumsel, Indonesia, dan dunia," ungkap Wakil Rektor III UIGM, Erry Yulian Triblas Adesta, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: Jaring Data COVID-19, UIGM Palembang Tampilkan Perkembangan Real Time 

1. Pembangunan berkelanjutan jadi indikasi penilaian

UIGM Kampus Terbaik ke-7 di Indonesia Versi THE Impact RankingKampus Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang (Dok: UIGM)

Erry menjelaskan, capaian UIGM ini tidak terlepas dari keinginan kampus menjangkau dunia pendidikan International. Menurutnya, THE Impact Rankings merupakan satu-satunya tabel kinerja global yang menilai universitas di dunia berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) PBB.

Lebih jauh, hal ini juga sangat relevan bagi perguruan tinggi di Indonesia yang berkesinambungan dalam mewujudkan Perpres nomor 111 tahun 2022 tentang pembangunan berkelanjutan.

"Dengan adanya peringkat ini, tentu UIGM menjadi PTS peringkat pertama di Sumatra. Peninjauan kinerja perguruan tinggi ini menggunakan 17 indikator penilaian, seperti tata layanan, jangkauan, dan pengajaran," jelas dia.

Baca Juga: Kampus Merakyat, Poltekpar Palembang Tak Pungut Uang Pangkal Mahasiswa

2. UIGM menuju kampus global yang menjunjung kearifan lokal

UIGM Kampus Terbaik ke-7 di Indonesia Versi THE Impact RankingWakil Rektor III UIGM, Erry Yulian Triblas Adesta (Dok: UIGM)

UIGM baru pertama berpartisipasi dalam THE Impact Ranking dan langsung menempati posisi 23 dari 1.591 universitas di 112 negara. Ke depan, pihaknya akan terus melakukan evolusi dengan mapping yang tepat agar UIGM menjadi perguruan tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

"UIGM berusaha menjadi universitas yang memiliki ciri khas, dengan mengangkat kearifan lokal daerah tapi berwawasan global yang kita kembangkan," jelas dia.

3. UIGM bakal tambah fakultas baru

UIGM Kampus Terbaik ke-7 di Indonesia Versi THE Impact RankingKampus Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang (Dok: UIGM)

Ketua Yayasan Indo Global Mandiri (IGM), M Fadhiel Alie, mengapresiasi penghargaan yang diterima pihaknya. Menurut Fadhiel, penghargaan itu tidak terlepas dari inovasi dan evolusi yang terus dilakukan sejak kampus tersebut bernama STMIK IGM.

"Terbaru, UIGM akan menambah fakultas baru seperti Fakultas Kedokteran. Kita tidak hanya fokus di perguruang tinggi saja tetapi ada SMA, SMP, hingga SD," tutup dia.

Baca Juga: Nama Calon Rektor Unsri Sudah Diusulkan ke Mendikbudristek

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya