Nama Calon Rektor Unsri Sudah Diusulkan ke Mendikbudristek

Jabatan Rektor Unsri Anis Saggaff berakhir September 2023

Palembang, IDN Times - Tiga nama bakal calon Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) sudah diusulkan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim saat rapat senat internal berlangsung di Palembang, Senin (26/6/2023).

"Iya betul (nama calon rektor sudah diusulkan), mereka merupakan tokoh penting dalam pendidikan Sumsel," ujar Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsri Joni Emirzon, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: PAD Semester Pertama Palembang Belum Capai 50 Persen

1. Keputusan nama calon Rektor Unsri ditetapkan dalam rapat senat internal

Nama Calon Rektor Unsri Sudah Diusulkan ke MendikbudristekFKIP Universitas Sriwijaya di Jalan Ogan, Palembang, (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Nama tiga calon bakal rektor Unsri yaitu Taufiq Marwa merupakan Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian, dan Keuangan Universitas Sriwijaya; Ishaq Iskandar sebagai Kepala LLDikti Wilayah II Palembang dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik dari Unsri yakni Alfitri.

"Kemarin Unsri sudah melakukan rapat penetapan tiga calon rektor terbaik pengganti Anis Saggaff yang akan mengakhiri tugasnya 24 September 2023," kata dia.

2. Dekan Fakultas Pertanian gagal terjaring pemilihan rektor baru

Nama Calon Rektor Unsri Sudah Diusulkan ke MendikbudristekIlustrasi kegiatan di Universitas Sriwijaya (Unsri) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Diketahui kandidat calon rektor Unsri ada empat orang. Namun saat proses penyaringan, panitia penepatan rektor baru menyeleksi menjadi tiga calon yang akan berlanjut ke tahapan pemilihan periode 2023-2027.

"Dekan Fakultas Pertanian, A. Muslim, gagal saat penyaringan seleksi," timpalnya.

3. Tiga nama calon Rektor Unsri telah memaparkan visi misi dan program kerja periode selanjutnya

Nama Calon Rektor Unsri Sudah Diusulkan ke MendikbudristekIlustrasi mahasiswa Unsri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Berdasarkan hasil pemilihan suara, tiga nama yang diajukan kepada Kemendikbudristek yakni Taufiq memperoleh 36 suara senat, Iskhaq Iskandar memperoleh 14 suara, Alfitri memperoleh 12 suara, sedangkan yang tereleminasi A. Muslimin memperoleh sembilan suara.

"Sebelum ditetapkan menjadi calon rektor, mereka memaparkan visi, misi, dan program kerja yang secara umum mengupayakan Unsri berkelas dunia," jelas Joni.

4. Pemilihan calon Unsri dijadwalkan mendapat dukungan suara dari kementrian mulai 28 Juli 2023

Nama Calon Rektor Unsri Sudah Diusulkan ke MendikbudristekIlustrasi. Pemeriksaan protokol kesehatan COVID-19 peserta UTBK-SBMPTN Unsri. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Setelah rapat senat tertutup, tiga calon Rektor Unsri dari hasil keputusan dilaporkan ke pihak Kemendikbudristek dan diumumkan ke publik untuk melalui proses rekam jejak pada 27 Juni-27 Juli 2023.

Hasil rekam jejak ketiga calon rektor tersebut menjadi pertimbangan pengambilan keputusan dalam rapat senat tertutup bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim atau untuk mendapat dukungan suara mayoritas dari senat.

"Dan suara dari kementerian dalam pemilihan Rektor Unsri yang dijadwalkan 28 Juli-4 Agustus 2023," katanya.

Baca Juga: Polrestabes Palembang Perketat Pengamanan 3 Masjid, Ini Lokasinya

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya