Sungai Komering Meluap, 93 KK Terdampak Banjir

Hujan dan limpahan air dari wilayah hulu jadi penyebab

Intinya Sih...

  • Intensitas hujan meningkat, aliran sungai Komering di OKUT meluap
  • 93 KK terdampak, namun tidak ada korban jiwa
  • Tingginya debit sungai karena kiriman air dari wilayah hulu Sungai Komering, BPBD mengimbau warga untuk berhati-hati

Palembang, IDN Times - Intensitas hujan yang meningkat menyebabkan aliran sungai Komering di Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) dalam beberapa waktu terakhir. Luapan sungai Komering tersebut menyebabkan beberapa desa terendam hingga menyebabkan 93 kepala keluarga (KK) terdampak, Rabu (13/12/2023).

"Luapan ini menyebabkan anak sungai yang berada di aliran Sungai Komering. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," ungkap Kasi Logistik BPBD OKU Timur, Budiansyah Efrani, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga: Bencana Intai Bantaran Sungai dan Lereng Gunung di Wilayah Sumsel

1. Sungai Komering tak mampu menampung debit air

Sungai Komering Meluap, 93 KK Terdampak BanjirBanjir yang melanda wilayah perairan Sungai Komering akibat tingginya intensitas hujan dan limpahan air dari hulu sungai komering (Dok: istimewa)

Menurut Efrani, luapan Sungai Komering ini pula dampak dari kiriman air dari wilayah hulu Sungai Komering yang berada di wilayah Muara Dua. Pihaknya mengimbau warga untuk lebih berhati-hati saat musim hujan seperti sekarang.

"Tingginya debit sungai itu juga karena  kiriman dari Muara Dua, sehingga l Sungai Komering menjadi tinggi dan tak mampu menampung air," jelas dia.

Baca Juga: Wilayah Barat Sumsel Jadi Perhatian Potensi Bencana Hidrometeorologi

2. Luapan sungai diperkirakan memicu banjir meninggi

Sungai Komering Meluap, 93 KK Terdampak BanjirBanjir yang melanda wilayah perairan Sungai Komering akibat tingginya intensitas hujan dan limpahan air dari hulu sungai komering (Dok: istimewa)

Efrani mengatakan, jika tak ada hujan maka banjir di wilayah tersebut dapat surut dalam 3-4 hari ke depan. Banjir yang terjadi saat ini telah mencapai 1,5 meter dan diperkirakan akan semakin tinggi.

"Bisa ratusan KK terdampak banjir jika hujan terjadi terus menerus," jelas dia.

3. Banyak wilayah OKU Timur rawan banjir

Sungai Komering Meluap, 93 KK Terdampak BanjirIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejauh ini pihak BPBD OKU Timur sedang memitigasi wilayah di pinggiran sungai OKU Timur. Sebab, banyak wilayah di OKU Timur yang masuk wilayah rawan banjir.

Baca Juga: BMKG Minta Pengendara Waspada Penurunan Jarak Pandang Saat Hujan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya