Sumur Minyak Ilegal di Sanga Desa Meledak Lagi, 3 Titik Terbakar

Warga desa masih bahu membahu padamkan api

Musi Banyuasin, IDN Times - Suara ledakan meraung di udara membawa gumpalan asap hitam. Api cepat menjalar dari tiga titik tambang yang meledak akibat aktivitas sumur minyak ilegal yang telah berulang kali. Lokasi kebakaran tidak jauh antara satu titik ke titik lain.

Peristiwa ledakan dan kebakaran ini terjadi di Desa Keban 1, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Warga setempat kaget setelah mendengar beberapa kali letupan dan tiba-tiba membuat asap meninggi.

"Ledakang diduga terjadi di satu sumur bor ilegal yang membawahi tiga titik. Kita juga masih mencari informasi lanjutan di lapangan, dan asapnya sampai sekarang masih besar," ungkap Penjabat Kepala Desa Keban 1, Alen kepada awak media, Senin (11/10/2021).

1. Korban jiwa belum diketahui

Sumur Minyak Ilegal di Sanga Desa Meledak Lagi, 3 Titik TerbakarIlustrasi Industri Minyak Arab Saudi (IDN Times/Arief Rahmat)

Alen menduga ledakan dapat membesar karena wilayah yang terbakar tidak terlalu jauh sehingga sangat mudah merambat. Pihaknya belum bisa memastikan apakah ada pekerja tambang yang terjebak di sana.

"Banyak simpang siur, ada yang meninggal, sampai malam ini belum bisa dipastikan apakah ada korban jiwa," ungkap dia.

Baca Juga: [BREAKING] Sumur Minyak Ilegal Kembali Meledak di Desa Sanga Desa

2. Semua tambang di Sanga Desa adalah ilegal

Sumur Minyak Ilegal di Sanga Desa Meledak Lagi, 3 Titik TerbakarIlustrasi Penurunan Harga Minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, pihak desa bersama petugas dari kepolisian dan tim terkait masih melakukan pemadaman secara langsung dengan mendekati lokasi kebakaran. Pihaknya mencoba mencegah api terus merembet ke tempat yang lebih luas.

"Kita akui aktivitas tambang ilegal memang banyak di Sanga Desa. Semuanya ilegal," jelas dia.

Baca Juga: Polda Sumsel Tutup 1.000 Sumur Bor Ilegal di Musi Banyuasin

3. Ledakan di Sanga Desa sudah tiga kali terulang

Sumur Minyak Ilegal di Sanga Desa Meledak Lagi, 3 Titik TerbakarIlustrasi Penurunan Harga Minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Kapolres Muba, AKBP Alamsyah Paluppesy, membenarkan ledakan sumur minyak ilegal. Peristiwa semacam ini sudah berulang kali terjadi. Dalam sebulan terakhir sudah ada tiga ledakan sumur minyak ilegal di wilayah Sanga Desa.

Peristiwa pertama terjadi pada 9 September 2021 lalu yang mengakibatkan tiga warga meninggal dunia. Lalu kejadian kedua pada 5 Oktober lalu, dan terbaru sore hari ini. Alamsyah mengungkapkan, pihaknya belum dapat memberi keterangan mengenai kejadian karena tim masih bekerja di lapangan.

"Sementara masih diupayakan pemadaman. Untuk pelaku penambangan dan pemilik lahan masih kita dalami," tutup dia.

Baca Juga: 16 Tahun Beroperasi, Tambang Minyak Ilegal di Muba Ditutup Polisi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya