Sumsel Tambah Satu Tower Wisma Atlet, Kasus COVID-19 Meningkat

BOR RS dan Wisma Atlet semakin meningkat

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, kembali membuka tower 7 wisma Atlet Jakabaring Palembang. Pasalnya tower 8 yang lebih dahulu dibuka sudah hampir penuh sehingga tidak mampu menampung pasien positif gejala ringan.

"Mulai hari ini kita sudah membuka lagi satu tower wisma atlet Jakabaring yang difungsikan untuk menampung masyarakat yang diisolasi karena terpapar virus COVID-19," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nurainy, Sabtu (10/7/2021).

1. Satu tower wisma atlet berkapasitas 100 kamar

Sumsel Tambah Satu Tower Wisma Atlet, Kasus COVID-19 MeningkatPetugas wisma atlet Jakabaring Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Penambahan wisma atlet tower 7 dilakukan lantaran tower 8 yang sebelumnya dibuka kembali Mei 2021 lalu sudah terisi hampir 100 kamar. Hal ini berdampak dari meningkatnya jumlah kasus positif harian di Sumsel yang semakin meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

"Untuk kapasitas tower 7 ada 100 kamar, lokasinya persis di sebelah tower sebelumnya. Dibukanya wisma atlet ini dilakukan untuk mencegah rumah sakit yang semakin penuh," jelas dia.

Baca Juga: Keluar Perbatasan Palembang-Banyuasin Wajib Tunjukan Sertifikat Vaksin

2. Masyarakat diminta jaga prokes

Sumsel Tambah Satu Tower Wisma Atlet, Kasus COVID-19 MeningkatKadinkes Sumsel, Lesty Nurainy (IDN Times/Rangga Erfizal)

Lesty meminta masyarakat untuk menunda mobilitas atau aktivitas di luar rumah jika tidak mendesak. Menurutnya dalam menghadapi pandemik dibutuhkan kerja sama antara masyarakat dan pemerintah. Sehingga masalah BOR rumah sakit yang saat ini sudah di atas batas aman organisasi kesehatan dunia (WHO) dapat segera ditekan.

"Masyarakat kita minta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Seberapapun tempat tidur dan ruangan kita tambah tidak akan bisa menampung jika masyarakat tidak menjaga prokes," jelas dia.

3. Pemda diminta membuka RS darurat jika angka keterisian capai 80 persen

Sumsel Tambah Satu Tower Wisma Atlet, Kasus COVID-19 MeningkatWisma atlet Jakabaring Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dari data Dinkes Sumsel, keterisian rumah sakit, Jumat (9/7/2021) kemarin mulai mengalami lonjakan. Kota Lubuk Linggau misalnya, sudah mencapai 89 persen. Diikuti Palembang dengan 85 persen, Ogan Komering Ilir (OKI) 82 persen, Muratara 75 persen, dan Banyuasin 71 persen.

Pihaknya lantas, meminta kepada pemerintah daerah untuk segera menambah kapasitas rumah sakit sekaligus membuka tempat-tempat penampungan masyarakat yang ingin menjalankan isolasi mandiri.

"Kabupaten dan kota sudah diberikan Surat Edaran Gubernur (SE) Nomor: 037/SE/Dinkes 2021, untuk segera melihat keterisian rumah sakit masing-masing. Jika sudah di atas 80 persen diminta membuka rumah sakit darurat atau rumah sehat untuk mengurangi keterisian rumah sakit," jelas dia.

4. Saat ini tower 8 wisma atlet terisi 72 persen

Sumsel Tambah Satu Tower Wisma Atlet, Kasus COVID-19 MeningkatWisma atlet Jakabaring Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dikonfirmasi terpisah, PIC Tower 8 Wisma Atlet Jakabaring M Bahori menjelaskan, keterisian tempat isolasi sejauh ini telah berkurang sejak kemarin. Dari 100 tempat tidur yang tersedia saat ini terisi sekitar 72 persen. Angka itu bisa saja bertambah mengingat kondisi pandemik yang terus mengalami lonjakan kasus.

"Secara keseluruhan yang dirawat ada 229 orang, selesai isolasi ada sekitar 148 orang. Dirujuk sembilan orang dan dalam proses 72 orang. Rata-rata yang dirawat pasien dewasa sebanyak 211 orang dan anak sekitar 18 orang," tutup dia.

Baca Juga: Duh! Vaksinasi Anak di Palembang Membludak, tapi Dipenuhi Orang Dewasa

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya